Paul, “Simbol” Baru Piala Dunia 2010

Segenap warga Spanyol kini sangat peduli dengan keselamatan si gurita Paul, yang telah “membawa” Spanyol ke final Piala Dunia 2010. Mulai dari rakyat jelata sampai pimpinan negara ikut prihatin dengan adanya ancaman-ancaman terhadap keselamatan Paul. Si gurita peramal yang menghebohkan Piala Dunia dengan prediksi-prediksi tepatnya, tengah harap-harap cemas di tangki air tempatnya hidup di akuarium Oberhausen Sea Life, wilayah barat Jerman. Gara-gara ramalannya, banyak fans Jerman yang kecewa dan mengancam akan menjadikan Paul sebagai hidangan santap malam.


Paul Octopus (Gurita) si peramal Piala Dunia

Sejak menebak secara tepat hasil pertandingan di Piala Dunia, Paul langsung ngetren di antero dunia. Namanya seolah mengalahkan Zakumi, maskot piala dunia kali ini. Di situs jejaring sosial Facebook ataupun Twitter, nama Paul berseliweran tanpa batas. Setelah Spanyol menang atas Jerman di babak semifinal, para pendukung “La Furia Roja” berlomba-lomba memuji ketepatan pilihan “el pulpo” Paul. “Anak-anak, pemabuk, dan Paul… hanya mereka yang mengatakan (hal) sebenarnya,” kutip Publico atas salah satu status pengguna Twitter.

Meski demikian, tak sedikit orang yang membenci pilihan-pilihan Paul. Jerman yang tadinya diuntungkan dengan gurita penghuni Sea Life Centre, Oberhausen, Jerman, itu pun ikut mengancam nyawa binatang berotak sembilan tersebut. Apa lagi alasannya kalau bukan tebakan Paul yang mengalahkan Jerman di semifinal lawan Spanyol.

Ini kemudian mengundang berbagai komentar dari petinggi Spanyol. Paul telah menjadi “pahlawan” kemenangan Spanyol meskipun pahlawan sebenarnya ada di lapangan. “Saya prihatin terhadap gurita (Paul). Saya sedang memikirkan cara mengirimkan tim pelindung untuknya,” canda Perdana Menteri Spanyol Jose Luis Rodriguez Zapatero kepada Radio Cadena Ser.

Menteri Lingkungan dan Perikanan Spanyol, Elena Espinosa, pun menyampaikan hal serupa. “Pada Minggu (saat final Spanyol versus Belanda), saya akan berada dalam pertemuan para menteri Eropa dan saya aka meminta adanya larangan (memancing) Paul sang gurita sehingga orang-orang Jerman tidak memakannya!” katanya.

Tebakan Paul sepertinya akan tetap mengundang dua rasa. Yang merasa “dikalahkan” pasti akan sulit menerimanya meskipun belum tentu benar. Yang sudah “menang”, mungkin akan membelanya habis-habisan.


Ramalan Paul benar: Jerman takluk dari Spanyol!

Seperti yang telah diprediksinya dalam lima partai Jerman di Piala Dunia 2010, hasil tebakan Paul kali ini pun tak meleset. Sehari sebelum laga Jerman- Spanyol, Paul sudah meramalkan kekalahan tim ”Panser” tersebut. Binatang berkaki delapan yang sepanjang Piala Dunia menjadi kesayangan jutaan warga Jerman karena selalu meramalkan kemenangan anak asuhan Joachim Loew itu pun kini menjadi musuh publik nomor satu.

Di pusat kota Berlin, lokasi ratusan ribu warga berkumpul menonton pertandingan Jerman, terdengar nyanyian anti-Paul dari kerumunan. Bukan hanya itu, menurut surat kabar harian Jerman, Der Westen, seperti dilaporkan AFP, banyak komentar yang beredar di situs jejaring sosial Facebook dan Twitter yang menunjukkan kebencian dan menumpahkan kekesalannya kepada Paul.

Banyak penggemar Jerman yang menyarankan Paul sebaiknya digoreng, dibakar, atau dimasak menjadi selada seafood, usai kekalahan dari Spanyol. ”Beberapa bahkan menyarankan untuk melemparkan Paul ke kolam hiu,” tulis koran tersebut.

Namun, tidak semua pendukung Jerman berpikiran irasional dan menyalahkan Paul. Beberapa dengan gagah mengakui keunggulan tim ”Matador” tersebut.

Salah seorang warga, Christof Schubert (43), menyatakan, sumber kekalahan Jerman sederhana, yakni kalah kelas. ”Spanyol sungguh layak menang. Tak ada kesangsian soal itu,” ujarnya.

Sebaliknya, di Madrid, Spanyol, usai laga kontra Jerman, banyak pendukung yang mengelu-elukan Paul sebagai salah satu pahlawan mereka. Spanyol sukses melangkah ke final Piala Dunia pertamanya.

Paul, gurita berusia dua tahun itu, menjadi selebriti dunia sejak Piala Eropa 2008. Kala itu, pengelola Oberhausen Sea Life memiliki ide membuat acara untuk ikut meramaikan pesta sepak bola tersebut.

Paul pun terpilih untuk meramalkan hasil pertandingan yang akan dilakoni timnas Jerman. Caranya, pengelola menurunkan dua kotak plastik berisi makanan Paul. Satu kotak dipasangi bendera Jerman dan satu lagi bendera negara lawannya.

Gurita berusia dua tahun itu akan memilih yang dikehendakinya dari kedua kotak tersebut. Saat ia mengambil makanan dari salah satu kotak tersebut, maka negara itulah yang akan memenangkan pertandingan.

Pada Piala Eropa 2008, Paul dengan tepat meramalkan seluruh pertandingan Jerman, kecuali saat pertandingan terakhir di mana Jerman juga bertemu Spanyol. Ia memilih bendera Jerman, tetapi yang menang justru Spanyol.

Di Piala Dunia 2010, Paul kembali didaulat meramal dan seperti diketahui, hasilnya pun jitu. Termasuk kekalahan Jerman atas Serbia di babak penyisihan grup.

Belum ada penjelasan ilmiah yang bisa menerangkan kenapa Paul bisa tepat meramal. Selain kemungkinan keberuntungan belaka, beberapa orang berspekulasi bahwa makanan di kedua kotak itu tidaklah sama, yakni hanya salah satunya yang diisi makanan kegemaran Paul.

Namun, hal itu dibantah oleh pengelola akuarium. Ada lagi dugaan Paul buta warna sehingga bereaksi terhadap warna bendera yang lebih mencolok dalam spektrum hitam-putih.

Sebelumnya, ahli biologi kelautan Tanja Breining dari organisasi aktivis pencinta satwa di Jerman, PETA, mengatakan, gurita seperti Paul merupakan salah satu hewan invertebrata yang paling cerdas.

Gurita dikatakan mampu memproses pemikiran kompleks, memiliki memori jangka pendek dan panjang, bisa memakai peralatan, serta memiliki kepribadian.


Fans Jerman: Kecewa timnya kalah, tapi sudah diprediksi sebelumnya oleh Paul

Paul dikenal karena ramalan-ramalan pertandingan Piala Dunia 2010 Afrika Selatan yang jitu. Namun, tak banyak orang tahu siapa Paul sesungguhnya. Berikut adalah sepuluh fakta tentang gurita berusia dua tahun tersebut seperti dilansir oleh Telegraph.

10 Fakta tentang Paul

1. Gurita jantan kelahiran Inggris
Sekalipun sekarang hidup di Akuarium Sea Life Centre, Oberhausen, Jerman, Paul lahir di Weymouth, Inggris, dan dipindahkan dari Weymouth Sea Life Park (ke Jerman). Seorang staf di Weymouth Sea Life Park, Fiona Smith, yang pernah mengurus Paul mengatakan, “Ia tak pernah membuat prediksi apa pun ketika masih di sini. Namun, mungkin ia menunggu turnamen besar seperti Piala Dunia untuk menampilkan kemampuannya itu.”

2. Diburu manusia
Seorang juru masak Argentina, Nicolas Bedorrou, begitu marah ketika Paul secara tepat memperkirakan bahwa kesebelasan negaranya akan dikalahkan Jerman pada perempat final Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Ia bahkan mengancam akan memburu Paul untuk dimasak. “Kami akan memburunya dan menempatkannya di atas kertas. Kami kemudian akan memukulinya untuk membuat dagingnya lunak dan kemudian memasukkannya dalam air mendidih,” kata Bedorrou.

3. Berita besar
Prediksi Paul telah mengundang perhatian banyak orang karena sebuah stasiun televisi Jerman, NTV, mulai rajin menyiarkan secara langsung prediksi pertandingan Paul, dengan dua reporter berdiri di sebelah akuariumnya sehingga mereka bisa membuat pemirsa mengetahui bagaimana Paul melakukan prediksinya.

4. Selebriti terbesar di Oberhausen
Paul merupakan hal paling populer di Oberhausen, sebuah kota, yang menurut Wikipedia, seluas 77 kilometer persegi dan berpenduduk 214.000 jiwa. Selama ini, kota itu hanya dikenal karena memiliki pusat perbelanjaan terbesar di Jerman, Centro.

5. Akurasi ramalan yang nyaris sempurna
Paul mulai meramal hasil pertandingan sejak Piala Eropa 2008 Swiss-Austria dan ia meramal enam pertandingan Jerman, dengan empat di antaranya benar. Ia menyebut Jerman akan memenangi semua pertandingan. Faktanya, Jerman kalah dari Kroasia pada fase grup dan kalah lagi di final lawan Spanyol. Pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, sejauh ini, semua ramalan Paul tentang Jerman benar, termasuk soal mereka akan kalah dari Spanyol pada babak semifinal.

6. Bisa membuat Anda kaya
Dengan ramalan seperti itu, Anda bisa mengandalkan ramalan-ramalannya sebelum bertaruh.

7. Hewan cerdas
Gurita adalah hewan cerdas dan terbukti memiliki ingatan kuat. “Gurita biasa seperti Paul sangat cerdas. Kami menyamakan kecerdasan mereka dengan anjing dan mereka menyukai masalah dan suka menyelesaikannya,” kata Fiona Smith.

8. Selebriti di Facebook dan Twitter
Paul menjadi salah satu topik pembicaraan paling marak di situs jejaring sosial. Frase “Paul the Octopus” dan “Pulpo” (bahasa Spanyol untuk Gurita) masuk sepuluh besar Twitter dunia.

9. Tanpa rekayasa
Paul memprediksi hasil pertandingan dengan membuka tutup salah satu dari dua wadah makanan di akuariumnya. Staff Oberhausen Sea Life Centre, Tanja Munzig, membantah dugaan bahwa ada sesuatu yang diletakkan di salah satu wadah. “Tak ada tipuan. Makanan sama dan segalanya di kedua wadah itu sama, kecuali benderanya,” kata Munzig.

10. Tak takut ancaman pembunuhan
Menurut pengawasnya, Oliver Walencak, Paul tak takut diancam suporter Argentina yang menyalahkannya atas tersingkirnya Lionel Messi dkk dari Piala Dunia 2010 karena kalah 0-4 dari Jerman.

(dari berbagai sumber)

2 thoughts on “Paul, “Simbol” Baru Piala Dunia 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s