Selamat Tinggal Media Cetak

Dalam rangka ulang tahun Jawa Pos, Azrul Ananda, menulis artikel berjudul “Saatnya Koran Menyerah”. Seperti apa koran masa depan? Mungkin tidak akan ada koran di masa depan. Digantikan oleh media canggih lain yang bisa diakses di mana saja, kapan saja, dan mungkin tanpa perlu mengeluarkan biaya. Pendapat tersebut mungkin benar karena kehadiran koran semakin terkikis oleh media online. Bahkan bagi orang yang membutuhkan informasi yang cepat dan up to date setiap saat, media online adalah jawabannya. Saat orang lain masih menunggu keesokan paginya untuk membuka lembar per lembar koran, media online menyajikan berita dalam hitungan detik.


Berita transfer Michael Owen di koran online referensiku: Dailymail


Seperti pada koran Jawa Pos edisi Sabtu, 4 Juli 2009 di bawah. Tidak ada berita tentang deal transfer Michael Owen ke Manchester United. Padahal, hampir semua media online nasional dan internasional telah menjadikannya headline sekitar jam 01.00 wib dini hari. Yah, jam segitu kan koran udah naik cetak dan sudah siap dikirim ;)


Berita telat di edisi Jawapos: MU (masih) Tertarik Gaet Owen

Di layar kaca, berita Owen ke MU muncul pada Sabtu pagi di acara olah raga sejumlah stasiun televisi. Tapi bagi anda pembaca koran (yang tidak memiliki akses internet, tv, atau radio), berita di atas baru diketahui hari Minggu pagi atau lewat 1×24 jam, lebih dari satu hari, dan sudah basi.


Berita transfer Owen di Kapanlagi.com


Okezone.com


Kompas.com

Saat beberapa media online ini diambil gambarnya, salah satu media online yang selama ini banyak menjadi referensi, yakni Detik.com, belum menampilkan beritanya atau kalah cepat dengan media online yang lain.

Berikut yang dari beberapa media online luar negeri, yang tidak lain menjadi sumber berita (translate) dari media lokal.


The Sun


Tribal Football


Mirror


Sky Sports
Yang unik, Sky Sports bahkan telah membuat “replika” foto Michael Owen saat berkostum MU!

Michael Owen dengan kostum MU
Transfer kejutan: Michael Owen dengan kostum MU

Dan di bawah ini adalah tampilan Michael Owen di situs resmi MU.


Manchester United

Koran, bahkan kalah cepat dengan blog-blog sepak bola yang bertebaran di internet, salah satunya adalah Catatan Bola


Catatan Bola

Pada tulisannya, Azrul menambahkan: Ataukah koran bakal bertahan? Seperti radio, yang dulu sempat bakal dianggap mati terkena serangan televisi, koran mungkin akan menemukan jalan hidup baru.

Koran bisa terselamatkan oleh situasi yang belum pernah kita pikirkan sebelumnya. Seperti radio yang diselamatkan oleh kehadiran mobil. Kalau tidak ada mobil, mungkin orang tak akan punya waktu mendengarkan radio. Mengemudi sambil membaca koran atau nonton televisi, berbahaya bukan?

Atau mungkin, koran bisa menyelamatkan diri sendiri, dengan menciptakan format atau kemasan baru yang mendapat tempat di masyarakat masa depan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s