Facebook Haram!

Seorang teman saya bercerita, pernah ada dua orang buta saling beda pendapat ketika mendeskripsikan seekor gajah. Yang satu bilang gajah itu lonjong dan panjang karena hanya pegang belalainya, orang yang satu lagi bilang gajah itu lebar, pipih, dan tipis, lantaran hanya menilai gajah dari kupingnya. Lantas, bagaimana bila orang-orang di luar Facebook memberi komentar dan hukum tentang situs jejaring sosial bikinan Mark Mark Elliot Zuckerberg paling populer di dunia itu?
Hati-hati bagi pengguna Facebook karena “fatwa haram” segera menghampiri… Bentar lagi menyusul Myspace, Plurk, Twitter, WordPress, Blogspot, Gmail, Y!M juga haram, kkkkk….. ;)

Facebook


Berikut berita “haram”nya Facebook yang dikutip dari Detiksurabaya.com

Facebook-an Berlebihan Diharamkan Ponpes se Jawa-Madura

Boomingnya layanan situs jejaring sosial, seperti facebook, friendster maupun chatting untuk menjalin hubungan pertemanan diam-diam diawasi oleh ulama.

Pondok Pesantren se Jawa-Madura yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pondok Pesantren Putri (FMP3) mengharamkan pemanfaatan situs jejaring sosial secara berlebihan, seperti mencari jodoh maupun pacaran.

Pernyataan ini sesuai dengan hasil pembahasan dalam Forum Bahtsul Masail di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtdien Lirboyo, Kediri, yang dilaksanakan sejak 2 hari yang lalu.

“Ini merupakan hasil pembahasan terakhir yang kami lakukan semalam. Intinya, larangan ini kami keluarkan sesuai dengan aturan yang sudah ada dalam ketentuan agama,”

Dijadikannya penggunaan layanan jejaring sosial sebagai pembahasan dalam forum Bahtsul Masail, dijelaskan Masruhan dikarenakan penggunaannya sudah dianggap sangat mengkhawatirkan. Pertemanan dalam facebook oleh masyarakat, sejauh ini dianggap lebih sering dilakukan dengan sifat tidak serius.

“Kami juga harapkan, pernyataan ini bisa dijadikan pelajaran bagi owner facebook atau friendster, agar mereka lebih selektif serta menggunakan kontrol ketat terhadap penggunaannya,” papar Nabil.

Muhammadiyah Jatim Tidak Haramkan Facebook
Jika Pondok Pesantren se Jawa-Madura yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pondok Pesantren Putri (FMP3) mengharamkan pemanfaatan situs jejaring sosial secara berlebihan. Namun sikap berbeda ditunjukan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur. Muhammadiyah malah menganjurkan umatnya untuk memanfaatkan situs jejaring sosial mencari teman ataupun informasi.

Menurut Sekretaris PWM Jatim, Nadjib Hamid, facebook, email ataupun chatting adalah berkah dari kemajuan ilmu pengetahuan.

“Katanya supaya hidup itu benar landasilah dengan agama dan hidup ini supaya mudah gunakan ilmu pengetahuan,” ungkap Nadjib seraya mengatakan itu tergantung bagaimana pribadi masing-masing memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut.

“Saya kira ini bukan wilayah halal dan haram, secara ansih barang itu semata tetapi dia bisa berubah menjadi haram dan halal tergantung illat hukumnya.
Bagaimana kita menggunakan teknologi itu menjadi haram atau bahkan satu ketika teknologi itu bisa menjadi wajib ketika memang diperlukan untuk kepentingan yang maslahat,” tandasnya.

Facebook dan segala macam produk ilmu pengetahuan tambah dia harus dimanfaatkan dengan sebaik-baik mungkin. “Muhammadiyah melihat ini sama dengan ilmu pengetahuan yang lain dan harus dimanfaatkan sebaik mungkin,” pungkasnya.

Iklan

37 thoughts on “Facebook Haram!

  1. Menurut saya para ulama seharusnya lebih berhati2 dalam menyatakan halal dan maramnya sesuatu. Jangan dikatakan oleh orang lain ulama kurang kerjaan. Sudah menjadi rahasia umum didunia maya / internet tidak 100 % benar. Dalam kasus ini situs sosial. Kalau hukum halal-haram dilihat dari sudut pandang penggunanya, sekalian saja siaran TV di Indonesia diharamkan, dalam siarannya banyak mengandung kebohongan atau pelajaran yang tidak baik ( Sinetron, kuis yang lebih banyak mengajarkan kepada orang untuk hidup secara praktis. )

  2. ==jangan sampai salah paham==
    ==jangan sampai salah paham==
    ==jangan sampai salah paham==
    yang haram bukan Facebook, tetapi kegiata Negatif di facebook.
    ingat mereka tidak mengharamkan facebook. hanya kegiata Negatif saja di facebook ataupun situs-situs lain.

  3. aku sempet salah ngasih koment di situs lain gara2 beritanya gak lengkap. jd ga enek nie sama yg gw olok2

  4. Facebook kalo diharamkan , kenapa ga sekalian aja FS, nySpace, twitter, SMS, MMS?
    Kenapa dunia telekomunikasi ga diharamkan aja, (aku orang telekomunikasi) toh perangkat BTS banyak dari israel.
    Penemu USB flashdisk adalah orang2 ilmuwan israel, kenapa ga sekalian aja?
    Aqua produk Danone, yang merupakan perusahaan israel murni.
    Kalo mengharamkan kegiatan negatif facebook, kenapa bawa2 nama FB?
    kenapa ga mengeluarkan fatwa Korupsi itu haram. Ga pernah denger nih….

    Kayanya apa2 bakal diharamin nih, lama2 kita kembali ke jaman batu…
    Judul yg bener Harusnya “MUI fatwakan haram untuk kegiatan negatif…”
    ga usah pake embel2 facebook, ya ga?

    • setuju! masih banyak situs social network lain yang bisa disalahgunakan, kenapa facebook sama friendster saja? Memang benar lah yang diharamkan kegiatannya, tapi toh judul yang dimuat “FB & FS haram!”. kayaknya gampang bikin sesuatu jadi haram, mulai dari golput, merokok, tar besok2 pa lagi?

    • maaf, setau saya yang diharamkan adalah kegiatan negatif yang dilakukan melalui facebook,bukan facebook itu sendiri, dan untuk korupsi, tidak usah dikeluarkan fatwa,memang jelas korupsi itu haram

  5. Iya, Sepakat. Kadang dalam menentukan istinbat hukum itu perlu dilihat ‘illatnya. Itstinbatu syai ‘ala syai tidak semudah yang dikira. Walaupun Qta juga harus membenarkan beberapa yang dikatakan mereka, tapi penggunaannya itu juga perlu dilihat aspek manfaatnya.

  6. Emangnya kalian Tuhan…yaaa yang memutuskan besok masuk neraka/surga !!!! ini haram itu haram…hati orang siapa yg tau….kalian tidak berhak menggunakan agama utk menghakimi org lain. hukum dunia ya sdh ada polisi..klo hukum akhirat hanya Tuhan saja yang berhak….DASAR ULAMA GOBLOKKKK

  7. Na`am, facebook merupakan sebuah aplikasi yang dapat tergolong harom , disebabkan maraknya foto2 dan foto2 makhluk telah dilarang dalam agama, jadi apabila ada pengguna facebook menggunakan foto2nya maka itu harom.

    • bisakah anda sertakan dalil tentang hal2 tersebut ? apakah anda mengetahui secara pasti bahwa facebook memang haram ?
      telaah lagi Alquran ! kalo belum memahami seluruh isi Alquran , janganlah saudara mengeluarkan pendapat seperti itu !

    • Coba deh cek dengan survey berapa persen yang menjadikan FB sebagai aplikasi maksiat? Dari 800 ribu pengguna FB dari Indonesia, da ga 50%? Belum apa2 dah bilang haram ja..

  8. iya setuju sama si penulis blog !
    itu kan haram menurut pendapat pribadi . yg dimaksud haram disini adalah dampak negatif dari jejaring sosial tersebut bukan keseluruhan isi dari facebook terutama . seharusnya para ulama tersebut mikir , SEGALA SESUATU PASTI ADA DAMPAK NEGATIF DAN POSITIFNYA (kecuali Alquran) . jadi kita sudah gak usah lagi mengeluarkan fatwa2 haram segala . kan semuanya tergantung pemakainya . seumpama ada seseorang memakai facebook untuk berdakwah , apakah itu haram hah ?! kalo seumpama memang haram , kenapa hanya nama facebook saja yang haram . kenapa ga sekalian seluruh alat komunikasi dianggap haram kalo ternyata alasannya cuma karena ada beberapa pengguna yang memanfaatkan secara berlebihan . toh itu jg dosa ditanggung mereka sendiri , ngapain jg diurusi . setau saya , Nabi Muhammad malah menyuruh kita menjalin tali persaudaraan . jadi kenapa diharamkan ? apa karena ternyata anda yg mengharamkan ini sebenarnya hanya terkena PHOBIA KEMAJUAN TEKNOLOGI ?! kolot ..

    DRAMA QUEEN !! x((

    • Bener! Coba tuh HP, Kulkas, Radio, DVD, VCD, Telepon Rumah, Komputer, Flashdisk, iPod, MP4, Notebook tuh teknologi yang bisa disalahgunain juga buat maksiat, mau ga ngeluarin lagi fatwa haram? Tapi biasanya rame2 di awal ja, selanjutnya bodo mo digubris pa ga. Toh rame2 haram merokok, sekarang ga da lanjutannya (wonk salah alamat, merokok diurusnya cukup ma Perda ja, yang penting konsisten ma pelaksanaannya biar tertib).

  9. Saya pikir harusnya kembali ke pribadi masing2.
    Sejauh saya memanfaatkan facebook, sedikitpun saya belum menemukan mudharatnya. Justru saya bisa terbantu untuk bersilaturahmi dengan kawan dan saudara yg terpisah jauh secara jarak, ruang dan waktu.
    Kalopun ada yg mengharamkan lantaran ada foto makhluk, kenapa tak lebih dulu mengharamkan foto KTP?
    Kalo ada yg mengharamkan karena banyak kebohongan beredar, kenapa tidak lebih dulu mengharamkan infotainmen gosip, sinetron, film? Hampir semuanya hanya rekaan.
    Kalo ada yg mengharamkan karena itu buatan orang israel, kenapa gak lebih dulu anda jauhi barang2 teknologi? Hampir semuanya buatan barat.
    Dari semua hal diatas, saya berfikir yang penting niat yg mendasari kita berbuat.

    facebook hanya alat, manfaat atau mudharat yg akan kita peroleh, tergantung niat kita.

    Jika ini semua berasal dari kekhawatiran para pengurus pesantren terhadap para santrinya, kenapa tidak mengintrospeksi terhadap diri? Sudah cukupkah landasan mental yg ditanamkan kepada santri2nya untuk memanfaatkan semua alat yg ada di muka bumi?
    Jangankan facebook, jika cara berfikir yg sempit dan membabi buta seperti ini dipelihara, bisa jadi suatu saat nanti dengerin radio pun diharamkan, gak peduli lewat radio juga kita bisa menyebar dakwah. Jadi bukan mentalnya yg dididik, malah alatnya diharamkan.

    • smua kita kembalikan pada niat diri masing2. Ulama juga manuasia, ulama yang berlindung dengan ayat2 dan apapun yang bisa di pakai, belum tentu koq akan masuk surga. Kita harus berfikir jernih lah, ngapain smua harus tergantung ulama seh? memang mereka hafal dengan smua dalil2, tapi saya g yakin mereka menjalankan apa yang mereka ucapkan.

  10. Facebook pada dasarnya sama dengan penggunaan internet lainnya pada hukum awal, yang mempunyai dua sisi positif dan negatif ‘pedang bermata dua’, hukumnya kembali bagaimana cara kita menggunakannya, penggunaan pada hal yang haram tentu jelas hukumnya, penggunaan yang berlebihan juga seperti itu, penggunaan facebook dalam kebaikan dan dakwah juga bertebaran di facebook, ini perlu juga dipertimbangkan. oleh karena itu, kehati-hatian kita dalam menggunakan facebook diperlukan. wallho’alam

  11. Never listen to MUI

    Semuanya itu kembali kepada diri masing2. Bila FaceBook itu membawa manfaat bagi kita seperti bersilaturahmi dengan sanak saudara atau teman lama atau bahkan untuk menyebarkan agama islam, maka itu adalah halal. Karena digunakan untuk kebaikan.

    Tapi bila awalnya orang menggunakan FaceBook untuk menzolimi orang lain, melakukan kejahatan/ penghinaan, dsb yang bersifat negatif. Maka penggunaannya itu adalah Haram.

    Mari kita telaah….
    Anda naik mobil atau motor bila bepergian. bila mobil atau motor yang anda gunakan itu dipakai untuk menabrak orang atau melakukan tindakan kejahatan. Maka penggunaan mobil atau motor itu haram hukumnya, bukannkah begitu ???

    Yang dapat menentukan tindakan yang kita lakukan itu Haram atau Halal adalah diri kita sendiri. Bukan suatu lembaga yang mengatasnamakan Agama tertentu. Kecuali haram dan halal yang sudah di tuliskan dalam Al-Quran.

    Cth lain :
    Penggunaan uang. Seluruh manusia di bumi ini rela berkorban apapun demi uang. Ada yang sampai meninggalkan keluarganya untuk mencari uang, ada yang membunuh demi uang, ada yang menjual tubuhnya demi uang, ada yang menjatuhkan nama baik seseorang demi uang dan lain sebagainya… tapi kenapa uang tidak diharamkan ???

    Apabila anda menjawab karena uang dapat membawa manfaat yang lebih banyak daripada negatifnya. Berarti sama saja anda menghalalkan berbagai cara untuk mencari uang.

    Mari koreksi diri kita masing2, ingat iblis dapat merasuki setiap manusia dengan berbagai cara. Tidak terlepas ulama sehebat apapun dapat dirasuki oleh iblis jahanam. Bahkan di dalam masjid sekalipun di saat kita sholat iblis sudah ada di sana terlebih dahulu untuk menggoda iman kita.

  12. mungkin mereka ga ngerti kalee..caranya fbkan. putus asa gtu……….
    klo Allah ngasih jodoh lewat Fb knp ga gto loh……kan jodoh Allah yg nentuin,klo haram ada kok yg lebih haram, nonton tv klo menurut agama juga haram….mo apa ayo……..

  13. okeh, gini aja deh…
    tanyakan pada diri kalian masing2 (facebookers), pa kalian bener2 bergabung di fb hanya untuk sekedar mencari pertemenanan ato bisnis? gimana misalnya kalo salah satu tmn fb anda tiba2 memasang foto2 syur apa yang akan anda lakukan? nama akun anda pasti ada yg menggunakan kata “saiiank” ato ga ktika anda menulis sesuatu buat tmn anda dgn embel2 kata sayang, cinta, ato “babe”…? itu semua kata yg mengundang birahi=mendekati zina dan bahkan bisa dibilang zina perkataan…
    dan jg buat facebokers perempuan sebaiknya tidak memuat foto2 yg “panas” begitu jg degn yg laki2nya jika anda memang tidak ingin fb difatwakan haram…
    bagi yg beralasan untuk mencari jodoh, perlu anda ketahui 98% mencari jodoh lewat fb ato semacamnya tidak pernah berhasil..! saya sndiri punya akun di fb hanya sekedar mencari teman untuk bertukar informasi, wirausaha, dan jaringan sosial dan organisasi olahraga dan pendidikan serta hiburan.
    bukan untuk hal2 negatif…

  14. .kenapa mesti ada peraturan kya gnie…
    padahal kand akuh mao carie tmn yang banyag d facebook,,,
    .klo kya gnnie critanyach……………………………………..!!!!
    langgar jaaaaa……
    nodo amid dach.
    .lagian akuh ngapain sehari harie klo ga’ maen facebook…!!
    .emang sbetul nyach alasan utama facebook haram tu pa sech..?
    klo misal nyach karenah banyak orang yang menyimpan fotho2 yang ga’ jelas di facebook…. blokir ja dech..!!!!

  15. BAH PAR ULAMA AJA KEGATELAN GA ADA KERJAAN….
    TOLONG DEH PARA ULAMA DIKAJI DULU SEMUA BERLANDASKAN DALIL HUKUM NYA…
    PARA GELANDANGAN AJA BISA BERKATA-KATA….MASA ANDA BERGELAR…TIDAK BISA MEMBEDAKAN SEMUT DIPELUPUK TIDAK KELIHATAN …GAJAH DISEBERANG TERLIHAT JUA….
    WAKAKAKKKKAAKKK

  16. judul tresebut terlalu berlebihan,, hanya untuk menari simpati pembaca berita,,

    liat dulu isi fatwa,, liat apa yg diharamkannya,, judul “FB haram” sngat menyesatkan..

    setelah liat apa yg diharamkan klian pasti akan setuju dengan fatwa tersebut…..

  17. Iya nih, media termasuk blog sering membesar2 besarkan masalah, lebih berhati2, saya pun tak setuju fb diharamkan, tapi kenapa harus membalas mengklaim mereka kurang kerjaanlah, memang fatwa seperti itu juga ga pake analisis, mending nanggepin dengan positif dan ambil baiknya aja..

  18. klo urusan penyalahgunaan, setiap perkara pun, termasuk ibadah sholat dll, bisa terlarang jika disalahgunakan! Lalu, bagaimana jika suatu perkara yg terlarang, digunakan untuk hal yg bermanfaat, apakah bisa berubah jadi halal?… :D
    Dalam hal ini bukan lagi masalah facebook atau penyalahgunaannya, akan tetapi justru masalah kualitas sebuah fatwa itu sendiri yg terasa semakin rendah nilainya di mata masyarakat hanya karena begitu cerobohnya sebuah komunitas muslim/ulama dalam berfatwa :-)

  19. Haram tdkx trgantung yg melakukan aksi face b ny.buat om om di mui carilah katagori haram yg benar2 real,trus loe pasang lebel haram.banyak katagori haram yg bisa mendarah daging loe diam. duduk2 di kantor nunggua gajian.mui mui buat sensasi aj ngeluarin fatwa.liat tu web porno skrng pada bangkt lagi mui ny sembunyi.

  20. Kriteria FB haram dan harus secepatnya log out jika :

    1. Masih banyak kerjaan (kantor/perusahaan/dll) tapi udah ngebuka FB
    2. Melupakan waktu sholat maupun ibadah dan duduk berlama-lama didepan komputer lagi ol
    3. Nglupain istri atau suami dan ngegombal di FB
    4. Ngejelekin atau menghina orang lain
    5. Menggunakan fasilits kantor atau perusahaan. (survey membuktikan hampir 80 %)
    6. coba direnungkan sendiri…..

  21. Haram tdkny adlh hasil dr pikiran n tindakanmu kt sendiri..Kalo dampakny negatif ya dosa,kalo positif ya berpahala..Spt kt akan selalu bergesekan dg ke2 hal ini…..

  22. Haram tidaknya sesuatu itu di liat dari manfaat dan mudharatnya/ruginya.
    Kecuali, sesuatu yang memang telah diharamkan oleh agama sejak awal…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s