Awal Punahnya Media Cetak (Koran)

Perkembangan teknologi informasi lambat laun diprediksi akan mematikan teknologi lama. Setelah kantor pos kini bagaikan kenangan masa lalu setelah ada fasilitas email dan chatting, surat kabar (koran) akan menjadi korban berikutnya seiring dengan perkembangan media online, di samping beragam situs jejaring sosial, Facebook, MySpace, Twitter, hingga blog.

Sebuah surat kabar Rocky Mountain News di Denver, AS, resmi “tutup usia”. Jumat (27/2), surat kabar yang berbasis di Kota Denver itu menerbitkan edisi terakhir. Harian yang telah berusia 150 tahun itu menjadi korban baru krisis media cetak di Amerika.

Gubernur Colorado, Bill Ritter, yang sedang menghadiri konvensi Asosiasi Pers Colorado saat pengumuman tentang penutupan koran tersebut, juga mengaku berduka. “Bagi saya, penutupan ini sangat sangat menyedihkan,” kata Ritter.

Dia masih berharap agar koran itu bertahan dan publik tidak menggantungkan diri pada blogger dan internet dalam mendapatkan informasi.

Harian The Denver Post, yang berkompetisi dengan sengit selama berpuluh tahun, mengucapkan selamat atas pencapaian Rocky dan mengatakan akan menyewa beberapa staf Roxy.

“Selama 150 tahun, Rocky sangat fokus dengan berita-berita di Denver,” kata pemimpin Denver Post, William Dean Singleton. “Rocky akan diingat selamanya sebagai pemeran penting dalam sejarah dan kesuksesan kota,” lanjut Singleton.

Penutupan Rocky mengundang berbagai reaksi dari para pembaca. Beberapa dari mereka kecewa dengan penutupan tersebut, sedangkan warga lain mengatakan tak ada masalah karena sekarang sudah ada teknologi yang memungkinkan mendapatkan berita secara online.

(dirangkum dari: vivanews)

Iklan

3 thoughts on “Awal Punahnya Media Cetak (Koran)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s