Catatan Hari Pers Nasional

Menarik disimak catatan Dahlan Ihsan menyambut Hari Pers Nasional, tentang “Wartawan Perjuangan yang Murni dalam Lima Tahun”, hal ini tidak lepas dari fenomena krisis finansial global dan trend media online yang terus dipromosikan menggeser media cetak. Bagaimana pembaca koran di AS naik drastis tetapi pembeli koran malah turun drastis. Untuk kali pertama dalam sejarah media, pelantikan Barack Obama lebih banyak ditonton lewat laptop (internet) daripada lewat televisi. Ternyata, naiknya pembaca koran lewat internet dan meningkatnya “pemirsa” laptop (internet) untuk peristiwa besar telah menyusutkan pendapatan iklan kedua jenis media tersebut.

Koran di Indonesia masih punya waktu kira-kira lima tahun lagi untuk menghadapi ancaman onlineu. Mengapa lima tahun? Karena pada akhir tahun depan pembangunan Palapa Ring tahap pertama selesai. Yakni, penanaman jaringan fiber optic sejauh 3.000 km pada banyak kota di Indonesia. Dengan jaringan fiber optic yang demikian luas, koridor untuk online sangat leluasa. Akses internet akan mengalami percepatan yang menggila. Apalagi, kalau Palapa Ring sudah terbangun sempurna lima tahun lagi. “Jalan tol” di bawah tanah itu akan jauh meninggalkan kelancaran jalan tol yang di atas tanah.

Lima tahun ke depan ini adalah tahap yang amat menentukan bagi koran di Indonesia. Maju atau mati. Karena itu, Hari Pers Nasional yang diperingati hari ini (9 Februari) menyisakan pertanyaan besar: bagaimana wartawan bisa tetap hidup bersama korannya. Wartawan akan terus hidup, tapi akankah dia kerja gratisan untuk pembacanya di online?

Iklan

One thought on “Catatan Hari Pers Nasional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s