RSS Feed

Tidak jarang (dan masih ada beberapa teman) yang tanya ke aku, “Apa sih RSS itu?”. Agak susah juga cari pengertian secara detil dan saklek. Yang pasti (dan jawaban paling mudah) RSS Feed itu singkatan dari Rich Site Summary (kalo ini kayaknya semua juga udah tau…). RSS adalah ringkasan dan bentuk sederhana dari sebuah situs. Kalau pada tampilan situs website atau blog, selain isi (berita) kita juga dapat melihat gambar atau animasi, sedangkan RSS Feed hanya mengandung isi/dokumen dari sebuah situs. Anda bisa berlangganan update berita terbaru dari sebuah situs, misalnya Detik.com, Kompas.com, atau Ongisnade.Net melalui RSS Feed.

Pengertian RSS Feed

RSS (Really Simple Syndication) merupakan istilah dalam teknologi Internet yang merujuk pada cara men-sindikasi-kan konten sebuah situs web (web syndication). Layanan ini memudahkan pengguna Internet agar selalu dapat mengetahui ringkasan konten terbaru dari situs tertentu tanpa harus terlebih dahulu mengunjungi situs tersebut. Selain itu, RSS yang disediakan sebuah situs dapat digunakan untuk melengkapi konten situs lain.

Layanan RSS disalurkan melalui sebuah file berformat XML yang dapat dibaca oleh publik dengan menggunakan program pembaca RSS yang disebut dengan news aggregator atau feed reader . Dengan news aggregator atau feed reader , kita tidak perlu mengunjungi website dan mengharuskan kita melihat gambar, video, atau animasi pada sebuah website, melainkan hanya berupa ringkasan isi website, dan jika kita memerlukan untuk mengetahui keseluruhan dari isinya, kita dapat menuju link yang berisi isi tersebut. Dengan RSS Feed kita dapat menghemat waktu dan biaya bandwidth.

Logo RSS Feed

Umumnya, log RSS Feed berupa kotak segi empat berwarna orange dengan dua geris lengkung seperempat lingkaran dan satu titik di pojok kiri bawah. Namun, logo RSS Feed ini berkembang sesuai dengan kebutuhan user dan kreativitas desainer. Tetapi pada umumnya, logo RSS Feed identik dengan warna oranye dan dua simbol tadi.

Screenshot RSS Feed

Website dan blog adalah media yang paling banyak “dihinggapi” konten RSS Feed. Salah satu contoh tampilan RSS Feed adalah sebagai berikut.

Berlangganan RSS Feed

Umumnya, sebuah situs website atau blog menyediakan fasilitas RSS Feed. Untuk berlangganan, copy link di RSS Feed pada website atau blog tersebut dan masukkan pada software news aggregator atau feed reader website pada blog anda.

Misal: Untuk berlangganan update berita terbaru dari Media Online ONGISNADE.NET, anda tinggal copy-paste link di bawah ini (demikian pula untuk website atau blog lain).

RSS Feed Ongisnade.Net: http://www.ongisnade.net/feed/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s