“Be a Smart Blogger…”

Salah seorang pengunjung website yang aku kelola berkirim komentar. “Kok cuma pakai template WordPress sih?” Hmm.. aku cuma tersenyum kecil. “Emang kalo pake template WP kenapa? Ga boleh? Yang penting klien yang aku buatin website-nya fine-fine aja, mereka tetap “terpuaskan” dengan layanan desain website yang aku buat dari template WP”… Atau mungkin orang yang kasih komentar itu iri dengan sebuah template WP gratisan yang bisa menghasilkan duit jutaan? Hehehe… (narsisi dikit)…. Toh selama ini hampir seluruh website yang aku develop dan kelola juga pake template gratisan ala WP. Seperti Ongisnade.Net dan UIB Blitar.

Blog memang sudah menjadi sebuah fenomena baru di dunia internet. Mulai pelajar sekolah, mahasiswa, akademisi, profesional, artis, hingga perusahaan pun kini belum keren kalau belum punya blog. Blog menjadi sarana mengekspresikan diri, bertukar informasi, hingga sarana transaksi di ranah internet.

Dari yang merupakan blog pribadi, sekedar iseng-iseng dan berisi curhatan pribadi, blog kini sudah berkembang menjadi media online, sarana menyebarluaskan berita dan informasi, sampai meraih kepingan dolar dari internet.

Blog sebagai sebuah official website? Kenapa tidak? Coba lihat blog Ongisnade.Net dan UIB Blitar. Toh, meskipun pake template gratisan, dengan sedikit perubahan dan modifikasi pada .CSS dan templatenya, kita bisa membuat blog tersebut menjadi enak dilihat, lebih informatif, formal, dan menjadi identitas bagi sebuah institusi atau lembaga.

Coba lihat situs-situs portal media online di luar negeri. Mulai Guardian, CNN, New York Times, hingga ESPN. Semua menggunakan konsep CMS (Content Management System) yang menjadi dasar dari sebuah blog. Bahkan media online lokal pun menggunakan metode tersebut, mulai Kapanlagi.com, Detik.com (dengan media turunannya seperti Detiksport.com, Detikinet.com, dll), Kompas.com, Okezone.com, hingga harian Malang Post dan Surya.

Bahkan koran harian Surya menggunakan template WP ala gratisan dengan beberapa modifikasi CSS dan templatenya, ya sedikit banyak mirip Ongisnade.Net lah, hehehe….


Tampilan halaman depan Surya

Yang perlu digaris bawahi (dan masih membuat aku miris) adalah tidak sedikit blogger kita yang berjiwa “kopas”, “kopi-pes”, atau apalah istilahnya yang mengisi blognya dengan modal dengkul alias membajak alias merampok hasil tulisan orang dengan cara menekan Ctrl-C + Ctrl-V atau klik kanan > copy > paste. Sebuah perbuatan yang menunjukkan mental pencuri yang tidak mendidik dan cenderung merusak aktifitas ngeblog itu sendiri.

Masih untung bila sebuah tulisan yang asal copy-paste diberi embel-embel “sumber”, “source”, atau kalimat “diambil dari sini” yang disertai link. Tidak jarang pula yang asal comot saja tanpa menampilkan sumbernya. Tidak hanya konten (berita atau artikel yang berbentuk text, melainkan juga gambar (foto). Dan yang lebih parah lagi adalah meniru konsep desain atau mengambil foto di blog orang lain untuk dipajang sebagai header atau bagian lain di blog miliknya.

Open Source? Silahkan saja kalau anda mau Open Source, tapi saya masih pikir-pikir lagi untuk menggunakan istilah tersebut. Konco-konco, bisnis-bisnis… Mungkin, kita terlalu terbiasa asal ambil hak cipta (karya, tulisan, gambar, foto, dll) milik orang lain tanpa ijin seolah hal tersebut diperbolahkan untuk segala macam siutasi dan kondisi. Tentunya kita harus mengindahkan dan memperhatikan copyright & disclaimer setiap media atau penulis ketika kita akan mengambil sebagian atau seluruh konten yang ada di dalamnya.

Be a smart blogger, karena blog mempunyai potensi lebih besar dari apa yang kita bayangkan saat ini…

Happy blogging, cheers… ^o^

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s