Menikmati Musik Country

Tidak ada yang lebih nikmat selain menyelesaikan bbrpa tanggungan desain website dari Rumah Program, maintenance web kampus UIB, dan ngupdate Ongisnade.Net dengan ditemani secangkir kopi hitam (dan Capucino) dengan alunan lagu-lagu country. Yup, sudah sejak lama sebenarnya aku suka lagu-lagu country, kira-kira akhir SMA dulu. Awal-awal kuliah, aku jarang ketinggalan program acara Country Night dan Goin’ Country di televisi yang merupakan pionir lagu country di Indonesia dewasa ini. Sudah bisa ditebak, yang paling identik dengan musik country saat itu adalah Tantowi Yahya dan grup band The Old Friends dengan CMCI (Country Music Club Indonesia).

Kebetulan juga di Malang sini ada satu radio yang menyediakan satu program acara khusus musik country, yaitu di Radio Citra Malang FM. Setiap Selasa malam jam 20.00 WIB, alunan musik khas ala koboi dari Texas tidak pernah aku tinggalkan di radio ini. Tidak sedikit juga info-info tentang musik country yang bisa kita dapatkan pada acara Country Night di Radio Citra Malang FM ini.

Menurut Sunaryo Hadi, musik country di Indonesia sangat lekat dengan Tantowi Yahya, host acara “Goin Country”. Musik ini sangat populer di negeri asalnya — Paman Sam — sepopuler musik Dangdut di Indonesia. Banyak yang tidak sadar, corak musik Country sangat mempengaruhi musik Pop di Indonesia di awal kebangkitannya. Selain identik dengan fiddle dan banjo, ada juga satu hal yang khas yaitu penyanyi country harus mempunyai suara lurus. Maksudnya, suara yang menggunakan ‘vibra’ tenggorakan tidak laku digunakan di jenis musik ini.

Musik country berakar dari lagu rakyat kepulauan Inggris (ada juga yang bilang lebih ke arah lagu rakyat Irlandia). ALat musik utama di awal kemunculannya adalah fiddle (biola atau violin. Biasanya untuk musik country, ada senar ganda di senar ke empat) dan banjo, alat musik khas yang identik dengan country. Banjo kalau ditilik dari asalnya justru alat dari benua Afrika.

Memang, kalau dilihat dari sejarahnya, musik country ini berasal dari gabungan berbagai budaya di belahan dunia yang dibawa oleh imigran ke Amerika Utara. Dari Wikipedia, musik country adalah campuran dari unsur-unsur musik Amerika yang berasal dari Amerika Serikat Bagian Selatan dan Pegunungan Appalachia. Musik ini berakar dari lagu rakyat Amerika Utara, musik kelt, musik gospel, dan berkembang sejak tahun 1920-an. Istilah musik country mulai dipakai sekitar tahun 1940-an untuk menggantikan istilah musik hillbilly yang berkesan merendahkan. Pada tahun 1970-an, istilah musik country telah menjadi istilah populer. Istilah lain untuk genre musik ini adalah country and western, namun sudah semakin jarang dipakai kecuali di Britania Raya dan Irlandia.

Untuk band country yang paling sering aku dengarkan lagu-lagunya belakangan ini adalah Lonestar. Mendengarkan lagu-lagu Lonestar seperti “Tequila Talkin”, “Runnin Away With My Heart”, “Come Cryin To Me”, “Amazed”, “I’m Already There”, dan “What About Now” memang cocok di situasi apapun, dan serasa sedang di Texas atau Nashville… ^o^

Iklan

2 thoughts on “Menikmati Musik Country

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s