Memilih Font yang Baik

Salah seorang temen bertanya, “Font yang bagus pake apa ya?”
Ehm, sebuah pertanyaan yang gampang-gampang susah jawabnya. Karena jawaban dari pertanyaan tersebut bersifat relatif, artinya untuk tujuan apa kita menggunakan font tersebut? Selain tujuan, banyak aspek yang harus diperhatikan, mulai media yang akan digunakan, konten pendamping font, hingga pesan yang akan disampaikan melalui sebuah tulisan dengan font tertentu.

Sayangnya, tidak sedikit teman-teman (terutama saat kuliah) yang tidak memperhatikan penggunaan font. Terkesan sepele memang, namun sebuah font bisa bermakna melebihi kalimat demi kalimat atau baris demi baris yang kita tulis.

Untuk menghasilkan kesan formal, tegas, lugas, dan serius, kita tidak perlu menggunakan font yang “aneh-aneh”, cukup dengan font-font standar seperti Arial, Times New Roman, Verdana, Tahoma, hingga Trebuchet MS. Tentunya dengan komposisi warna dan ukuran font yang wajar.

gambar font-font (dari atas) Arial, Tahoma, Trebuchet MS, Verdana, Times New Roman, dan AvantGarde

Sementara font-font dengan kontur “ramai”, lebih cocok untuk desain bertipe “grunge” atau untuk poster dan simbol yang tidak formal. Bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Jadi, tidak sulit kan untuk memulai memilih font? Tanpa font yang “aneh-aneh” pun kita sudah bisa membuat desain yang berkesan lebih formal dan elegan. Memang tidak semua orang beraliran “minimalis”, namun aliran minimalis cenderung diterima oleh semua orang.

Iklan

3 thoughts on “Memilih Font yang Baik

  1. Permisii…mau nimbrung boleh?^_^
    Menurut saya pribadi, membuat sebuah desain dengan memakai font default, alias font yang sdh terinstal di komputer itu sebuah tindakan yang sangat disayangkan…membuang waktu serta kreatifitas diri.
    Banyak sekali jenis font serif dan san Serif yang cocok digunakan untuk membuat desain yang formal kok. Lalu bagaimana dengan Helvetica? Jenis Font yang umum tapi tetap kuat digunakan di segala kondisi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s