IT dan Rokok Bentoel

Penggunaan teknologi informasi (IT) dewasa ini sudah merambah hampir seluruh aspek kehidupan. Pada aspek bisnis, penggunaan IT untuk keperluan produksi, komersial, dan promosi sudah merupakan kebutuhan primer. Salah satu produk yang berkategori massal, yaitu rokok, juga sudah menyentuh IT. Salah satunya adalah perushaan rokok asal Malang, Bentoel. Perusahaan ini menghabiskan dana lebih dari USD 1 juta untuk belanja IT. Berikut beritanya yang dilansir dari harian MalangPost.

Perusahaan rokok PT Bentoel Malang dinilai sebagai perusahaan rokok yang paling banyak membelanjakan uangnya untuk kebutuhan teknologi. Bahkan, perusahaan rokok yang berpusat di Malang ini, diprediksi menghabiskan USD 1 juta untuk setiap kali belanja teknologi, khususnya ke IBM.

‘’Tidak hanya Bentoel. Tetapi ada ratusan perusahaan di Indonesia, termasuk di Jatim dan Surabaya, yang kalau belanja teknologi IBM habis USD 1 juta,’’ kata Soeryo Suwignyo, Presiden Direktur IBM Area Indonesia kepada wartawan di Sheraton Hotel, kemarin siang.

Soeryo tidak menyebutkan, belanja komponen atau komputer mana yang dipergunakan Bentoel Malang. Tetapi, Soeryo meyakinkan, untuk database atau perangkat kerja biasanya memang lazim dibutuhkan setiap perusahaan. Misalnya, untuk perbankan, jasa dan industri.

‘’Secara pasti saya tidak bisa memastikan, berapa angka belanja Bentoel ke IBM. Tetapi, kami yakinkan, kalau Bentoel salah satu perusahaan di Indonesia, khususnya Jatim yang mengkonsumsi produk IBM,’’ ujarnya meyakinkan.

Kehadiran Soeryo di Surabaya, tidak lain untuk menghadiri rencana pembukaan kantor cabang IBM di wilayah Surabaya, yang akan mengkaver penjualan dan pelayanan pelanggan IBM se Indonesia Timur. Sebab, pangsa pasar IBM di wilayah ini cukup bagus perkembangannya.

‘’Kami harapkan, setiap tahun ada kenaikan penjualan antara 20 sampai 30 persen. Tapi, berapa angka riilnya saya tidak bisa sebutkan. Karena kita bukan perusahaan publik,’’ ujar Soeryo.

Sementara itu Satrija Budi Wibawa, Corporate Secretary PT Bentoel grup menyebutkan, pihaknya memang menggunakan produk IBM untuk kebutuhan teknologi di pabriknya.

Tetapi, IBM bukan satu-satunya merk yang dipakai di perusahaannya. Sebaliknya, produk merk lainnya juga dimanfaatkan, tergantung kebutuhan yang ada.

‘’Kalau soal benar tidaknya, berapa besar belanja yang kita keluarkan ke IBM, silakan tanya saja ke IBM. Karena, kalau IBM yang menyebutkan, pasti sudah valid datanya,’’ ujarnya dengan menambahkan, salah satu item IBM juga dipergunakan untuk pembuatan portal Bentoel. (sumber: MalangPost)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s