Quick Count Pilkada Jatim

LSI: Karsa dan Kaji ke Putaran Kedua
Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyatakan pasangan Soekarwo – Saifullah Yusuf (Karsa) dan Khofifah-Mudjiono (Kaji) akan maju ke putaran kedua dalam Pilgub Jatim. Peneliti LSI, Adam Kamil mengemukakan hal itu di Surabaya, Rabu (23/7), ketika memberikan pernyataan pers hasil perhitungan cepat (quick count) Pilgub Jatim di Hotel Mercure Jalan Raya Darmo Surabaya, dengan didampingi anggota KPU Jatim, Didik Prasetiyono.

Bardasarkan perhitungan cepat yang dilakukan LSI hingga pukul 16.00 WIB yang berasal dari 96,75 persen data TPS yang masuk, Karsa meraih 26,95 persen, Kaji 25,04 persen, SR 20,93 persen, Salam 18,85 persen dan Achsan 7,87 persen, “Kami mengambil sampel 400 TPS dari total 62.015 TPS, yang tersebar secara proporsional pada 38 kabupaten/kota,” katanya.

Untuk toleransi kesalahan dari quick count, ujar dia, antara satu sampai satu setengah persen. Namun ada efek pengelompokan TPS yang bisa mengakibatkan error membesar hingga sekitar dua persen, sehingga hasil quick count bisa bergeser ke atas dan ke bawah sekitar dua persen. “Berdasarkan pengalaman, kami melakukan quick count di beberapa provinsi seperti DKI, Jateng, NTB, Bali dan Kaltim, selisihnya dibawah satu setengah persen, tapi kebanyakan dibawah satu persen,” katanya.

Sehingga berdasarkan quick count, ujar dia, Pilgub akan berlangsung dua putaran dan yang akan maju adalah pasangan Karsa dan Kaji, yang berarti ini juga menjadi pekerjaan bagi KPU Propinsi Jatim. “Hasil quick count tidak jauh beda dengan survei LSI dua pekan lalu, yaitu Karsa urutan pertama sebanyak 27 persen, Kaji 20 persen, Salam 17 persen, SR 13 persen dan Achsan lima persen, sehingga kalau dibandingkan dua minggu lalu, SR banyak mengalami kemajuan,” katanya.

Adam Kamil juga menyatakan, berdasarkan hasil survei pengaruh partai tidak begitu dominan. “Yang kelihatan besar pengaruhnya terhadap calon yang diusung adalah PAN dan PPP, yang lain terbelah,” katanya.

Sementara itu berdasarkan perolehan suara quick count LSI, wilayah Karsa menguat di Madura dan wilayah Pasuruan ke barat sampai Banyuwangi, sedangkan Kaji menguat di pesisir utara seperti Bojonegoro, Tuban, Gresik dan Surabaya. (roy/kompas.com)

Pak Dhe Karwo – Gus Ipul di: Website, Friendster, Facebook, Blogspot

Iklan

10 thoughts on “Quick Count Pilkada Jatim

  1. Jangan2 Jilbab tuh buat ngeboong aja, udah ketahuan tuh pasti uang rakyat buat dibagi2 sama partai pendukungnya, kan partai2 gila uang…Hiduuppp… Uang….Orang miskin emang gua pikirin..

  2. kalo dah jadi gubernur jangan sibuk mikirin gimana dana kampnye kembali ke kantong…… uang siapa yang mau dikeruk lagi??????????????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s