Belajar Dari J-League

Liga Jepang atau yang sering kita kenal dengan nama J-League, merupakan salah satu kompetisi sepak bola industri terbaik di kawasan Asia. Sepakbola Jepang yang mengklaim berkiblat kepada Brazil, memang pantas disebut sebagai “mbah”nya sepakbola Asia. Invasi sepakbola industri dari Asia Timur pun semakin merambah negara-negara Asia Barat (Timur Tengah).


Pamor Jepang sebagai kiblat sepakbola Asia pun tidak luntur sekalipun di Piala Dunia 2002, saat negeri matahari terbit tersebut bertindak sebagai tuan rumah tidak berprestasi setinggi tetangga sekaligus rivalnya, Korea Selatan yang mampu melangkah hingga semifinal.

Alumnus J-League pun semakin akrab dengan sepakbola Eropa dan Amerika Latin. Nahiro Takahara sempat membela Boca Junior sebelum terbang ke Eropa bersama Hamburg SV di Bundesliga Jerman. Sebelumnya, Hidetoshi Nakata menjadi ikon sepakbola Jepang di pentas Serie A setelah era Kazuyoshi “Kin Kazu” Miura awal 90-an. Sebagian besar alumnus skuad Jepang di Piala Dunia 2002 pun merasakan berkiprah di kompetisi Eropa. Mulai kiper Yoshikatsu Kawaguchi, bek Koji Nakata dan Masashi Miyamoto, gelandang Shinji Ono, Sunsuke Nakamura, hingga penyerang Takayuki Suzuki.

Kini sepakbola Jepang memasuki era baru (generasi dua) di pentas J-League. Beberapa klub “pendiri” J-League seperti Yokohama Marinos, Purple Sanga, atau Verdy Kawasaki sudah pensiun dan berganti nama menjadi klub-klub “baru” seperti Urawa Reds Diamond, Tokyo FC, atau Kawasaki Frontale.

Sekalipun banyak klub yang pasang-surut, kompetisi J-League yang dikelola sangat preofesional membuat iklim dan prestasi sepakbola Jepang terus konsisten. Tak heran banyak negara-negara di Asia yang mengadopsi kompetisi J-League sebagai blue-print kompetisi domestik mereka, mulai K-League, A-League, hingga negara kita, Indonesia Super League.

Hmm… kapan ya kompetisi sepakbola di negeri ini digarap seprofesional J-League?


Gambar: Peta Klub J-League

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s