Melukis Website Dengan CSS


Xyle (Mac)

Meskipun sudah cukup lama menggeluti dunia desain-mendesain website, sebenarnya aku sangat “telat” mengenal yang namanya CSS. Baru ketika mulai medesain website bersama Farid “Pocil” McRury -temen semasa kuliah- waktu itu ada project Sekar Tanjung dan UISBA, dan beberapa project website dari Rumah Program, hingga sekarang di Ongisnade.Net, aku semakin akrab dengan kode-kode CSS dengan segala tetek bengeknya.

Salah satu website/blog yang menjadi tutorial dan referensi pribadi buatku adalah smasingmagazine.com. Pada blog yang identik dengan segala hal tentang desain ini aku jadi punya banyak ide-ide baru ketika membuat blog atau mendesain hal-hal baru di blog gratisanku di WP ini.

Kembali ke masalah CSS, aku jadi ingat ketika pertama kali ndesain web dulu, full pake image dari Photoshop, lalu kemudian mulai bisa pakai Frontpage, lalu berkembang ke Dreamweaver. Belakangan juga sempat bikin web berbasis Flash, tapi ga’ sampai jauh belajar motion-motion karena lumayan ribet (dan ga ada waktu, hehehe).

CSS Editor Screenshot
CoffeeCup StyleSheet Maker (Win)

Menurut salah satu artikel di smashingmagazine.com yang mengulas tentang beberapa tools CSS editor, baik untuk “Mac” maupun “Win”

Why the heck do I need a CSS-editor?
Well, actually you don’t need one. But you may want to use one to make your workflow more effective. The main advantage of CSS-editors lies in an integrated development environement they offer to web-developers. The main task of a CSS-editor is to combine the editing features of CSS-stylesheets, HTML-source code and the site layout effectively within a compact interface. However, often CSS-editors go even further.

Dengan CSS yang belakangan sudah mulai tidak bisa pisah dengan yang namanya Javascript -kemudian berkembang ke AJAX-, kita ga’ perlu ribet lagi bikin image-image beresolusi dan berukuran besar yang menganggu bandwith -khususnya buat yang limited seperti aku sendiri dan teman2 di Mabes Ilkom-

Meskipun demikian, bermain dengan CSS juga membutuhkan selera desain agar menghasilkan layout yang maksimal dengan desain yang tidak “up to date”. Jujur saja, -terutama di Indonesia- masih banyak orang yang jago ngoding web tapi selera desainnya childish dan gitu-gitu aja.

Ada lebih dari 10 CSS Editor yang dibahas pada artikel di smashingmagazine tersebut. Bagi para web desainer pemula/amatiran/newbie/kaya aku-lah kira2 yang sudah terbiasa pakai template CSSnya Dreamweaver, adanya CSS Editor ini sangat mambantu karena sangat mudah, simpel, tentu dengan hasil yang kipa ilakes.

Bagi para seniman web, smasingmagazine.com juga membuat review beberapa program WYSIWIG dan source code editors

Pokok’e mak nyus dengan CSS….

Iklan

One thought on “Melukis Website Dengan CSS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s