Leeds United dan League One

Pemain muda Leeds United, Jonny HowsonFixture list untuk League One musim 2008/09 telah dirilis bersamaan dengan fixture Premiership dan Championship Division akhir pekan lalu. Leeds United yang musim depan masih tetap berkubang di League One mempunyai kans besar untuk menjuarai kasta ketiga kompetisi Liga Inggris ini, atau setidaknya mendapatkan tiket otomatis promosi tanpa melalui play-off.

League One musim depan akan diikuti oleh dua klub yang mempunyai reputasi cukup besar di ranah sepakbola Inggris, yaitu Leeds United dan Leicester City. The Foxes -julukan Leicester- musim lalu harus terdegradasi dari Championship Division.

Selain Leeds dan Leicester, masih ada beberapa klub tradisional yang memiliki basis fans kuat dan sejarah panjang di kompetisi domestik Inggris, yaitu Millwall, Tranmere Rovers, dan Swindon Town.

Masih ingat dengan klub Wimbledon? Klub asal London yang “bubar” awal 2000an dan berubah menjadi “klub baru” dengan nama Milton Keynes Dons (MK Dons) tersebut juga meramaikan League One setelah promosi dari League Two musim lalu.

Manajer Leeds, Gary McAlister, memandang positif persaingan di League One musim depan. Tidak seperti musim lalu dimana Leeds memulai kompetisi dengan poin minus 15, musim ini Leeds akan memulai kompetisi sejajar dengan klub-klub lain di League One.

Beberapa pemain baru sudah didatangkan manajer asal Skotlandia tersebut, diantaranya adalah Neil Kilkenny (eks Portsmouth, timnas Australia), Andy Robinson (eks Swansea City), dan Lubomir Michalik (eks Bolton Wanderers, timnas Slovakia). Selain itu Leeds juga telah memperpanjang kontrak pemain muda potensial asal akademi Leeds, Jonny Howson.

Arus keluar masuk pemain kemungkinan akan semakin ramai setelah event Euro 2008 selesai. Leeds akan melakukan pre-season musim 2008/09 ini di kawasan selatan Rep. Irlandia, melakukan uji coba dengan beberapa klub lokal seperti Galway United, Bray Wanderers, dan Shelbourne.

Karena peraturan transfer di League One mirip dengan Championsip Division – tidak mengenal transfer deadline dan transfer window yang terlalu ketat seperti halnya Premiership- pemain-pemain berstatus nasional di kompetisi Inggris kemungkinan besar masih akan bergabung dengan Leeds ketika musim telah bergulir, seperti saat musim lalu ketika Leeds masih diperkuat Tore Andre Flo dan Alan Thompson.

Bagi penggemar sepakbola di Indonesia, nama Leeds United mungkin sudah tidak asing, namun nama-nama pemainnya tentu masih sangat asing, maklum rata-rata penikmat sepakbola di Indonesia sudah teracuni dengan arus globalisasi dan ekspansi klub-klub besar, selain tentunya dengan pemberitaan media yang tentu saja akan lebih laku menjual berita seputar klub-klub papan atas Eropa.

Klub sepakbola favorit kita masing-masing ibarat anugerah Tuhan, hidayah, tidak bisa “diracuni” oleh yang lain. Jadi, silahkan saja yang lain tetap terjebak dalam arus komersialisasi global dengan menjadi fans Manchester United, Liverpool, Arsenal, atau tim karbitan Chelsea, aku tetap putih-kuning-biru Leeds Untied!

Salam untuk seluruh fans Leeds United.

Leeds United 2008/09
Daftar Pemain
Fixture List
Klasemen

Marching On Together!

(sumber foto: leedsunited.com)

Iklan

10 thoughts on “Leeds United dan League One

  1. hallo leeds united fans…. seneng bisa menemukanmu, kirain tak ada orang yang ngefans leeds united di indonesia ternyata ada.. :D. ayo leeds bangkit dari tidur, pemain pemain jebolan leeds academy gak diragukan.. n thanks buat tulisannya bro !! kalau sempet kirim email seputar berita leeds atau kumpulan leeds united di indonesia ya, pencil_spirit@yahoo.com ym nya jg sama. thanks

  2. @ pencilspirit :
    yup… salam kenal juga
    saya ngefans sama Leeds sejak pertama kali kenal Liga Inggris, jadi bukan “fans instant” gara-gara pemberitaan di media lho… ok, kita bisa bagi2 info ttg Leeds…
    Marching on Together

  3. maksudnya yg ini:

    “silahkan saja yang lain tetap terjebak dalam arus komersialisasi global dengan menjadi fans Manchester United, Liverpool, Arsenal, atau tim karbitan Chelsea, aku tetap putih-kuning-biru Leeds Untied!”

  4. Gw suka Liverpool dan leeds united…gpp kan??mau donk kabar2 terbaru leeds united..gw dl suka leeds jaman nya alan smith,viduka,kewell….champion ketemu barca…kerennnn….

  5. hallo salam kenal semua..
    wahh akhirnya nemu jg leeds united fans diindonesia
    kirain gak ada hehhee
    salam kenal semua…

  6. halo…halo… leeds fans indonesia yang masih loyal….. bangkit! MOT!
    add FB saya ya adi kusuma laziali Lufc…..
    Marching On Togetherrrrrr………!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s