Listen to the Radio

Mungkin sebagian besar orang bilang tidak bisa pisah dengan internet atau komputer, televisi, hp, hingga mp3 player atau ipod. Tapi, ada satu hal yang ternyata tidak bisa aku tinggalkan, bahkan untuk sejenak sekalipun, yaitu radio.

Ya, radio yang usianya jauh lebih tua dari media-media elektronik tersebut di atas ternyata memberikan banyak manfaat -setidaknya- buatku. Mulai bangun tidur pagi, aktifitas siang, melepas lelah di sore hari, bahkan sampai tidur pun radioku masih menyala. Tentunya dengan saluran yang selalu ganti sesuai dengan waktu dan program acaranya.

Lewat radio, aku bisa mendengarkan informasi terbaru dan update tentang berita-berita lokal (Malang Raya) hingga nasional dan internasional, saluran yang biasanya memuat informasi ini adalah radio berita. Untuk hiburan, sudah tidak perlu dijelaskan lagi peran radio dengan “suara”nya.

Habis subuhan biasanya aku denger kuliah subuh di Andalus atau KDS 8 FM, lalu dilanjut berita pagi di Citra Malang FM. Kemudian jam 7 pagi sampai jam 8 aku denger berita Arema dan Aremania di RCB FM. Lepas jam 8, kembali ke Citra Malang FM denger info-info paling update seputar Malang Raya.

Lepas siang jam 1, biasanya aku sedikit cooling down dengan pindah channel ke lagu-lagu slow khas Kosmonita FM. Sore harinya, kembali ke Citra Malang untuk dengar berita Malang Raya. Malam hari, jam 8 denger Bos Bal Balan yang dibawakan oleh Bos Keper di Senaputra FM. Lalu jam 9 pindah channel dengerin Arema Corner di Citra Malang FM.

Jam 11 malam pindah ke Tidar Sakti FM atau KDS 8 FM untuk mendengarkan banyolan ludruk Kartolo cs. Lepas tengah malam, Kosmonita FM, Andalus FM, atau Kalimaya Baskara FM selalu mengikuti tidurku sampai pagi dengan lagu-lagu slownya…. Radio bener-bener mengikutiku nontsop 24 jam…

Perubahan pilihan channel Radio pun aku raskan. Kalau dulu waktu SMA dan awal-awal kuliah sering stay tune di radio-radio anak muda seperti MFM atau Elfara FM, sekarang aku lebih enjoy denger radio berita dan hiburan dengan genre dewasa, khususnya untuk eksekutif muda dan just married, tapi ups.. bukannya aku pengin merit, tapi info2nya lebih “berat”, lebih lengkap, lebih bermanfaat, dan lebih easy listening…

Tanpa baca koran atau portal di internet pun, aku tau berita-berita dan gosip terupdate juga melalui radio, meskipun dalam kenyataannya tidak sekomplit dengan materi berita yang bisa kita akses melalui internet, majalaj, atau televisi (radio kan cuma bisa memberi “suara”, tanpa bentuk, warna, foto, atau video).

Bagaimana dengan radio online? Bisa jadi itu adalah salah satu alternatif, tapi bukan pilihan utama buatku -setidaknya untuk saat ini- karena tidak setiap saat aku konek dengan internet.

Tapi dari survey sederhana di kalangan temen2 mahasiswa, rekan bisnis, dan sepergaulan, rata-rata mereka malah jarang atau tidak sama sekali mendengarkan radio. Ok, its all about choice, mgkn karena kesibukan, atau hanya faktor kebutuhan semata.

Tapi yang jelas, tidak ada salahnya selalu stay tune dengan stasiun radio favorit anda, tentunya dengan materi program acara on air yang bermanfaat dan sesuai kebutuhan… Mumpun kuping masih bisa dipakai, tidak ada salahnya kita selalu mendengarkan berita-berita terupdate dan hiburan musik sesuai selera kita lewat radio.

Kelebihan lain dari radio, bisa disambi internetan, main game, ngerjain skripsi (kalau sempet), makan, baca koran, nyopir mobil, di perjalanan, ngelamun, bahkan sampai tidur sekalipun… Bagaimana dengan anda? Termasuk seperti saya yang always stay tune atau belum mencoba mendapatkan manfaat lebih dari radio?

Iklan

2 thoughts on “Listen to the Radio

  1. Baju baju Import & Lokal tersedia di AIDA FASHION jalan kayu tangan 92 Malang,Murah Murah Bagus

  2. Hi there it’s me, I am also visiting this website on a regular basis, this site is truly fastidious and the viewers are actually sharing pleasant thoughts.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s