Prediksi Piala Eropa 2008 (1)

Piala Eropa yang akan bergulir akhir pekan ini siap menyedot perhatian kita sebagai pecandu bola. Ada sedikit tips untuk menonton bola sambil ngemil, tapi bukan itu yang akan aku bahas di sini, tapi sedikit analisa dan prediksi tim-tim peserta pada penyisihan grup.

Euro 2008, Piala Eropa 2008

Grup A
Swiss, Rep. Ceska, Portugal, Turki

Sebagian besar kalangan memfavoritkan Portugal untuk menjuarai grup ini, bukan hal yang aneh mengingat kualitas pemain Portugal. Pertanyaannya, siapa yang akan menemani Portugal sebagai runner up? Saya memilih Swiss akan melaju ke perempat final. Rep Ceska yang kehilangan banyak pemain karena cedera dan penampilan Turki yang belakangan biasa-biasa saja akan dimanfaatkan Swiss dengan semangat berlipatnya sebagai tuan rumah.
Prediksi tim lolos : Portugal, Swiss

Grup B
Austria, Jerman, Kroasia, Polandia

Sulit untuk tidak menempatkan Jerman pada posisi favorit juara grup. Austria sebagai host juga memilik peluang sebagai runner up, tapi tidak sebesar koleganya sesama tuan rumah, Swiss. Kroasia dan Polandia akan bersaing ketat meraih posisi runner up, saya rasa Kroasia memiliki kualitas cukup untuk mengalahkan Polandia.
Prediksi tim lolos : Jerman, Kroasia

Grup C
Prancis, Italia, Belanda, Rumania

Orang bilang ini adalah grup maut. Italia, tim spesialis turnamen, saya unggulkan meraih predikat juara grup. Tiga tim lain mempunyai peluang yang sama untuk menemani Italia. Kuncinya ada di pertandingan melawan Rumania, tapi saya lebih memilih Belanda untuk lolos ke perempatfinal.
Prediksi tim lolos : Italia, Belanda

Grup D
Swedia, Yunani, Spanyol, Rusia

Spanyol dan Rusia mempunyai kans lolos ke 8 besar dibandingkan Yunani dan Swedia yang belakangan kerap tampil labil. Spanyol dengan materi pemainnya serta Rusia dengan Guus Hiddink-nya menyingkirkan Inggris pada kualifikasi (serta keberhasilan Zenith St. Petersburgh menjuarai Piala UEFA).
Prediksi tim lolos : Spanyol, Rusia

Uraian singkat tersebut hanya prediksi berdasarkan statistik penampilan terakhir tim-tim kontestan Piala Eropa selama babak kualifikasi dan uji coba pra Euro 2008. Namun secara keseluruhan, tampaknya Piala Eropa tahun ini tidak akan menghadirkan juara baru “kejutan” ala Denmark ’92 atau Yunani empat tahun lalu di Portugal.

Untuk prediksi berikutnya, tunggu sebelum babak perempatfinal dimulai.

Prediksi perempat final hingga final Euro 2008 baca di sini

(sumber gambar : realfanclub.org)

Iklan

5 thoughts on “Prediksi Piala Eropa 2008 (1)

  1. sudah lama ndak mampir kesini :)

    setiap edisi Piala Eropa dan Piala Dunia, jagoanku teteup, Belanda…
    sayangnya, Belanda mesti keok, yg mampus di perempat final lah, yg terkapar di semi final lah…pokoke mengecewakan…tapi namanya jg udah ngefans, baik buruk tetep dibela, jadi jagoku untuk edisi 2008 ini ya tetep, Belanda !! :D

    lha jagoanmu sopo?

  2. @ Panda :
    jagoan sampeyan sama kaya’ Ronny Firmansyah, hehehe… (baca di ongisnade.net), kalo jagoanku di Euro kali ini adalah tuan rumah Swiss. Minimal perempat final nyampe lah… sukur2 sampe semifinal :)

  3. hasil prediksi hingga Sabtu (14/6) 50% benar
    Prediksi benar : Portugal, Kroasia, Belanda LOLOS ke perempat final
    Prediksi meleset : Swiss

  4. Saya yakin bahwa nanti di Final akan Ketemu Jerman Melawan Rusia…. dengan demikian akan ada sejarah baru dimana RUSIA akan menjadi juara EROPA tahun 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s