Meliput Liga Jatim 2008

Meliput kompetisi sepakbola Liga Jatim Esia 2008 (dulu bernama Piala Gubernur) untuk ONGISNADE.NET adalah pengalaman jurnalistik pertamaku untuk ukuran even nasional. Berbekal sedikit ilmu jurnalistik yang aku dapat waktu sempat terdaftar sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM dan JUFOC (Himpunan Jurnalistik Fotografi Club).

Meskipun saat ini aku masih tercatat sebagai mahasiswa Ilmu Komputer di Universitas Brawijaya, tapi interestku ke bidang jurnalistik ternyata lebih tinggi daripada keingintahuanku di bidang informatika. Tapi tentu saja aku masih ingin menyelesaikan kuliahku dan mendapat gelar S.Kom, hehehe….

Ilmu tulis menulis tentang sepakbola sendiri aku dapat dari otodidak. Pengetahuan sepakbola yang aku dapat dari Tabloid BOLA sejak SMP ternyata cukup membantu juga. Belakangan, beberapa acuan dari media cetak aku kombinasikan dengan official website klub-klub sepakbola luar negeri, tentu saja salah satunya adalah website klub favoritku, Leeds Unted.

Waktu awal-awal kuliah dulu aku masih sempat beberapa kali menulis artikel tentang sepakbola dan dimuat di Tabloid Olahraga nasional “BOLA”, tapi akhir-akhir ini lebih sering di depan layar dan berkutat di dunia maya, sehingga tulis-menulispun lebih sering di website/blog-blog sepakbola, salah satunya dengan memenangi kontes menulis artikel di Bolanova.

Yah, setidaknya berbekal pengalaman jurnalistik yang amat sangat minim tersebut aku bisa menyuguhkan sesuatu yang (mungkin) bisa bermanfaat bagi nawak-nawak Aremania di Media Online Aremania Ongisnade.Net

Tapi pengalaman sebagai jurnalis dadakan cukup mengesankan juga. Mulai mengurus perijinan dengan Galih ke kantor Arema, sampai bikin promosi stiker, kartu nama, dan x-banner Ongisnade.Net


foto: Adi/Ongisnade.Net

Kebetulan fasilitas di Stadion Kanjuruhan Malang cukup representatif untuk rekan-rekan pers. Mulai tribun media yang dilengkapi meja tulis, media center, hingga fasilitas hot spot (yang ini masih sudah ada tapi bolak-balik trouble, terpaksa aku pake koneksi internet sendiri).

Karena babak delapan besar Liga Jatim juga diselenggarakan di Malang, maka setidaknya aku akan tiga kali lagi ke Stadion Kanjuruhan, tanggal 25, 27, dan 29 Mei ini.

Berkumpul dengan rekan-rekan wartawan cetak dan elektronik juga memberi pengalaman bagaimana kelakuan para wartawan tersebut mencari berita. Ada yang setiap sumber berita ngomong selalu dicatat, ada yang cuek, ada yang suka guyon, ada yang serius, komplet lah pokoknya.

Tapi mereka cukup welcome kepada aku yang masih “hijau” di bidang tulis menulis. Mas Poy dari Malang Post, Mas Cahyo dari Harian Surya, dan Mas Firdaus dari Jawa Pos Radar Malang sangat membantu aku dalam pencarian berita.

Untuk Ongisnade.Net sendiri, aku dibantu Galih, Galuh, dan Komang yang mempromosikan Ongisnade.Net dan merchandise, serta Adi “Tero” yang bagian motret di pinggir lapangan.

Mudah-mudahan progress peliputan berita ini berjalan lancar tidak hanya di Liga Jatim ini, tapi hingga kompetisi resmi Superliga dan Copa Indonesia mendatang. Tentunya, event ini bisa aku ambil segi positifnya untuk pengalaman di bidang jurnalistik dan peliputan berita, bukan hanya untuk Ongisnade.Net tapi untuk hal-hal lain yang erat kaitannya dengan media.

One thought on “Meliput Liga Jatim 2008

Tinggalkan Balasan

