Bill Gates ke Indonesia

Onno: Bill Gates Gak Penting dan Gak Ngaruh
Kedatangan Bill Gates ke Indonesia menjadi sebuah fenomena tersendiri. Reaksi pemerintah pun dianggap sebagian pengamat IT terlihat berlebihan.

Kedatangan Bill Gates rupanya memberikan harapan cukup besar bagi pemerintah Indonesia. Harapan tersebut tidak hanya berkutat pada pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia (ICT) tapi sampai pada harapan meningkatnya investasi di Indonesia.

Seorang pengamat IT Onno W Purbo menganggap kedatangan Bill Gates bukanlah sebuah hal yang terlalu penting dan tidak terlalu berpengaruh pada pertumbuhan ICT di Indonesia. Meskipun dia dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di dunia namun hal itu tidak cukup untuk bisa mendorong ICT tumbuh pesat.

“Rakyat Indonesia itu lebih penting sama harga. Apalagi kalau Bill Gates bisa bikin harga (software) Microsoft di Indonesia jadi murah. Nah, itu baru ok!” ujar pengamat IT yang akrab disapa Kang Onno ini melalui surat elektronik, Rabu 7/5/2008 kemarin. Menurut Onno saat ini harga software Microsoft terbilang cukup mahal. Misalnya saja untuk sistem operasi yang dibandrol hingga USD100 atau sekira satu juta rupiah. Belum lagi harga untuk Microsoft Office yang mencapai USD400.

Harga ini berbeda jauh dibanding software bajakan yang lebih murah 10 kali lipat atau software Open Source yang tergolong free. Padahal saat ini Open Source sedang marak didengungkan sebagai software yang mampu menggantikan Microsoft yang mahal, sekaligus meredam angka pembajakan di Indonesia. Dan kedatangan Bill Gates ini tetap dipercaya Onno bukan sebagai langkah yang memiliki pengaruh besar dalam pertumbuhan ICT apalagi meningkatkan investasi.
(srn) (mbs)

sumber berita : okezone.com

Iklan

3 thoughts on “Bill Gates ke Indonesia

  1. Siipp…
    Kang bill gate janjikan software gratis buat endonesia.
    tapi kapan ya itu bisa terealisasi?
    Aku kwatirnya nanti, keburu kang bill bate sdh ga da..
    (Maaf ya kang bill..?)

  2. Bill Gates ke Indonesia, menguatkan dominasi Micro Soft.
    “What do we do?” Paling kita bisanya cuman beli (kan kita bangsa konsumen)
    Tapi kalo Microsoft hilang dari Indonesia “I wouln’t miss it”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s