Media Cetak vs Online

Media Cetak Lokal akan Digilas Media Online?
Dalam ranah dunia pemberitaan, keberadaan internet disinyalir akan menghabisi eskssitensi media cetak. Akankah media cetak Indonesia seperti koran atau majalah, juga akan dipunahkan eksistensinya oleh media internet?

“Dunia memang sudah berubah. Manusia masa kini butuh segala sesuatu secara cepat dan instan, termasuk dalam hal berita,” ungkap Sapto Anggoro, anggota Dewan Redaksi Detikcom di acara seminar ‘Media Online, Media Masa Depan’ di Resto Dixie, Yogyakarta, Sabtu (8/3/2008).

Dalam seminar yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta ini, Sapto mengamini bahwa media online pamornya akan terus menanjak. Namun demikian, bukan berarti media cetak akan segera punah.

Menurut Sapto, media cetak dan media online akan berjalan saling melengkapi. Pendapat yang mirip juga dikemukakan jurnalis majalah Tempo, Raihul Fadjri, yang hadir pada kesempatan yang sama.

“Antara media cetak dan media online memang akan terjalin sebuah konvergensi, saling melengkapi satu dengan yang lain,” papar Raihul Fadjri.

Masih menurut Fadjri, kelebihan media online yang bisa menyajikan berita secara cepat dan real time, memang takkan bisa ditandingi media cetak. Karena itu untuk bisa bertahan, media cetak harus membuat berbagai perubahan. Perubahan ini misalnya dengan membuat ukuran koran lebih kecil untuk menarik minat sekaligus memudahkan konsumen membacanya.

Belajar dari Pengalaman

Keyakinan bahwa media cetak takkan punah, juga dilandasi oleh kasus masa lalu. Misalnya, ketika muncul media televisi, radio sebagai teknologi yang lebih usang ternyata tidak ditinggalkan pendengarnya.

Meski demikian, tak menutup kemungkinan media cetak suatu saat nanti memang akan sepenuhnya digantikan oleh media online. Hal ini seiring dengan semakin maju dan murahnya teknologi pendukung.

“Jika teknologi nantinya semakin murah, orang akan mengakses segala sesuatu termasuk berita, cukup melalui ponsel saja misalnya,” tandas Sapto. (fyk/ash) (Fino Yurio Kristo – detikinet) artikel ini diambil dari Detikinet

Iklan

3 thoughts on “Media Cetak vs Online

  1. @ loper :
    hahaha… osi2 ae sam loper iki… atau karena namanya “loper” jadi kadit osi pisah tekan koran? hehehe… :D tapi reneb bos, tidak cuman jadi nawak “bongkar muat” tapi juga teman pas nakam, ngopi, ngoker, dll… ^o^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s