Nonton Bola Ganggu Jantung

Jerman 2006Jangan terlampau asyik menonton sepakbola apalagi yang menggelar kompetisi besar seperti Piala Dunia. Masalahnya, menurut para pakar kesehatan Jerman di AS, menonton pertandingan sepakbola akbar dapat mengganggu jantung para penonton — tidak hanya secara figuratif tapi harfiah.

Setelah dilakukan penelitian terhadap efek pertandingan bola sepanjang Piala Dunia 2006, para pakar kesehatan berkesimpulan, bagi pria Jerman, risiko mengalami serangan jantung atau masalah jantung serius lainnya lebih dari tiga kali lebih tinggi pada hari-hari tim mereka bertanding. Sedangkan 82 persen lebih tinggi bagi wanita Jerman.

Kondisi darurat jantung biasanya terjadi dalam dua jam awal pertandingan, kata dr. Ute Wilbert-Lampen dari Ludwig-Maximilians University di Munich.

“Menonton pertandingan sepakbola yang bisa bikin stres berat akan meningkatkan lebih dari dua kali risiko kena jantung akut,” jelas mereka dalam laporan yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine.

Menurut mereka, event-event olahraga yang menggangu emosi lainnya kemungkinan dapat mendatangkan pengaruh sama. Untuk mengatasi imbas tersebut, tim Wilbert-Lampen meneliti 4.279 catatan medis sejak tujuh hari tim Jerman bertanding, 24 hari ketika pertandingan melibatkan tim dari negara-negara lain, dan 242 hari lainnya pada 2003, 2005 dan 2006.

“Enam dari tujuh pertandingan dimana tim Jerman berpartisipasi berkaitan dengan kenaikan jumlah pasien jantung sepanjang periode kontrol,” kata para pakar kesehatan.

Jumlah tertinggi terjadi sepanjang babak perempatfinal pada 30 Juni dimana Jerman mengalahkan Argentina lewat pinalti dramatis. Pertandingan selanjutnya, kegagalan Jerman pada semi-final terhadap Italia membuat jumlah pasien jantung meningkat.

Sebaliknya, kompetisi Jerman terhadap Portugal untuk tempat ketiga, tidak membuahkan masalah berkaitan dengan jantung. Jerman saat itu mengalahkan Portugal 3:1.

“Pastinya, yang paling penting dalam memicu stres bukan hasil pertandingan – kalah atau menang – tapi ketegangan yang akut dan kesenangan sepanjang menonton pertandingan dramatis seperti saat tendangan pinalti,” jelas mereka.

Pakar kesehatan menyarankan dokter agar mempertimbangkan penambahan doses pada beberapa obat jantung untuk para pendukung bola yang menderita penyakit jantung dan beberapa terapi sikap guna mengendalikan emosi mereka sepanjang kompetisi. (msn/uri)

*) sumber berita & foto

Iklan

One thought on “Nonton Bola Ganggu Jantung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s