Boleh Kopi-Pes, Asal…

Jangan Asal Copy PastePara kaum blogger pasti sudah merasakan asem-manisnya tulisan kita di-kopi-pes orang lain alias DIBAJAK diam-diam, aaarrgh… “Diam-diam” di sini maksudnya adalah asal tekan Ctrl C dan Ctrl V tanpa “konfirmasi” terlebih dahulu (atau kemudian) minimal mencantumkan link asalnya (dari blog-ku). Padahal aku sendiri merasa tulisan-tulisanku masih sangat sedikit dan belum pantas dijadikan bahan bajakan bila dibandingkan para blogger lainnya.

Bahkan, akhir-akhir ini materi yg dibajak ga hanya artikel/tulisan, tapi juga foto dan file!! Wadow… gimana nih? Belakangan ini aku sering lihat foto-foto yg aku jepret dengan “pontang-panting” sana-sini dgn mudahnya di copy-paste bahkan dihosting di WP para “pembajak” itu. Hikz… :(

Kalau cuma sekedar untuk mengisi blog pribadi sih gpp… blog komunitas pun jg ga masalah asal menyertakan link asalnya, tapi ini sudah sampai di blog atau website komersil berskalan nasional? Woi, mana royaltiku? Atau kesalahanku ga pasang tarif royalti ya?? waaa….. (nama-nama media/web/blognya sengaja ga aku sebut di sini)

Sebenernya, ga masalah juga sih kalau aku “dibajak”, setidaknya artikel, tulisan, file, atau foto yang aku taruh di WP ini semakin luas tersebar dan menambah wawasan mereka yang kesasar ke dunia blog ini. Bagi-bagi ilmu, wawasan, dan pengetahuan sesama blogger.

Hmm… ternyata kampanye JACP sangat bermanfaat. Kalau perlu Matt dkk yg punya WP ini kasih ketentuan kaya JACP gitu deh biar ati ini ga adem-panas baca hasil karya pribadi dibajak orang laen…

Kalo ada istilah “semua blogger basodara”, tak ada salahnya kan sesama sodara main ping-pong (ini ngikut istilahnya mas Adi Wirasta) alias “ping back” dengan mencantumkan sumber tulisan/foto/file setelah melakukan aktifitas Ctrl C + Ctrl V

Contoh Kopi-Pes

Pencantuman “foto diambil dari” atau “artikel ini diambil dari” atau “sumber berita” seperti pada contoh gambar di atas mungkin bukanlah suatu kewajiban atau keharusan, tapi merupakan sesuatu yang alangkah baiknya atau sebaiknya atau dianjurkan atau direkomendasikan. Bagaimana menurut kamu?

Keep blogging… viva blogger ^o^

6 thoughts on “Boleh Kopi-Pes, Asal…

  1. waduh….. sadis euyy.. wahh gw kenna banget nehh, gw klo ngambil foto selain dari kamera gw sendiri sihh biasanya dari google, mustinya situsnya google gw tulis yah?? T_T.. hikzz maap om google gw pikir nggak perlu pake izin segala.. hikz gw jadi “pembajak” neh.

    tapi alhamdulillah.. selama gw nulis artikel di blog aku, nggak pernah gw kopi paste dari situs orang laen, meskipun tulisan gw nggak bagus-bagus amitt gw bangga dengan tulisan gw sendiri, tapi… klo ada yg mau kopi paste tulisanku silahkan aja.. gratisssssssssssssssssssss tis tis tis!! itupun klo ada yang mau (ada yg mau nggak yah??)

    zoel.. bisa liat nggak situs yg ngejiplak punya lo.. penasaran neh gw.
    n saran gw lo kasih koment aja di situs orang yg ngejiplak tulisan atau gambar lo itu, dengan berupa kata2 sindiran gitu deh..

    dan saya sebagai sahabat lo senang plus bangga tulisan + gambar lo bisa di jiplak ma web bertaraf internasional, upss salah yah? bertaraf nasional dan berskala 6,5 skala righter maksudnah.. bagi resep donkk biar tulisan atau gambar gw bisa di jiplak ma mereka, gw kasih bonus dehh berupa foto2 gw. gimana…

    :D becanda…

  2. Wah 6,5 skala righter, bisa2 tsunami mas..hehe. Yup, sbenarnya ayas kena sindiran juga nih..kmarin ngambil gambar dari ongisnade, tapi kan dah pake izin.. :)

    Setuju banget nih mas, kampanye JACP penting banget n apresiasi yang luar biasa bagi … let’s ngeblog dengan tanpa mengesampingkan norma-norma ktimuran (ewuh pakewuh) terutama dalam copy paste.

  3. @ alearch :
    ntar detilnya di YM aja ya Le… :D

    @ azaxs :
    kadit sam, kalo sam azaxs ini kan cuma buat tulisan pribadi, jd gpp… (lagian jg udah ijin & sama2 bertujuan u/ satu jiwa aremania) tapi biasanya kalo yg dianjurkan sih emang harus dicantumkan *sumber* atau *diambil dari* atau *artikel ini diambil dari* de el el
    oyi kita harus dukung gerakan moral tsb, biar kreatif…

  4. boss…aku membajak…
    membajak banner-bannermu…hehehehehehehe…. :D

    ya mungkin resiko yah, yang very very difficult (pake logat Cinta Laura) untuk dihindari, soale ongisnade.net-mu dah tersebar dimana-mana, secara pengunjungnya udah banyak gitu, pasti ada lah yg suka ambil sesuka hati…
    bener kata Oom Alearch…aku juga sering bgt nyolong gambar2 dari google, hehehehe, tapi bukan buat konsumsi publik kok, jadi merasa agak bersalah…
    paling yg buat konsumsi publik tuh gambar-gambar xxx , kayak fotonya tante miyabi contohnya, hahahahaha…

    halah nglantur…

    keep ur good job bro !!
    ur ongisnade.net is awesome !!

  5. @ Panda :
    kalo banner2 sih gpp dicopy-paste, malah dianjurkan, hehehe…. kan ada tuh kode2nya, tinggal pasang.. jreng!! hehehe ^o^

    kalo tulisan2 yg laen, silhakan aja sih dicopy-paste, untuk mnyebarluaskan info2nya, tapi kalo bisa tolong diselipin link sumbernya.. istilahnya, saling tuker link lah, oyi? slm satu jiwa…

Tinggalkan Balasan

