Gila Piala?

Copa Dji Sam SoeLihat pertandingan final Copa Indonesia (13/1/08)? Sebagaimana layaknya pertandingan final sepakbola lainnya, seperti Piala FA, Piala UEFA, Liga Champions, bahkan Piala Dunia, pada setiap pertandingan final dipajang di pinggir lapangan sebuah piala sebagai lambang juara yang akan diserahkan kepada tim pemenang pada pertandingan final tersebut. Tapi ada yang aneh dengan sepakbola kita, kalau kita amati dengan teliti, pada final Copa Indonesia ada 4 (empat) piala yang dipajang, bahkan lebih!!! Mungkin rinciannya adalah masing-masing piala untuk juara 1, 2, 3, dan 4. Tentunya dengan ukuran yang berbeda.

Kalau kita amati di Eropa atau Piala Dunia, tidak pernah ada tuh tim runner-up (bahkan juara 3) menerima piala. Piala hanya ditujukan untuk sang juara!

Bahkan, prosesi acara penyerahan piala di kompetisi sepakbola negara-negara Eropa bahkan Piala Dunia tidak serumit di Indonesia. Tidak lebih dari sepuluh menit, seluruh pemain telah mengalungi medali dan tim juara sudah bisa mengangkat piala.

Bagaimana dengan di negara kita? Kalau bisa dibuat lama, kenapa harus cepat? hehehe… Semua serba seremonial, lihat aja, ada sambutan dari orang-orang tertentu, lalu ada penyerahan gelar top skor, pemain terbaik, suporter terbaik, hingga acara live musik segala. Apa2an ini? seperti acara gala diner atau semacam ajang award aja. Padahal ini adalah pertandingan final!

Apa kesimpulannya? Apakah kita “lebih hebat” dan “lebih juara” dari mereka (FA, UEFA, hingga FIFA) karena bisa menghadirkan empat buah piala di pertandingan final? Atau kita yang terlalu bangga dengan lambang berupa piala? Atau kita memang “gila” dengan sebuah “kehormatan” yang direpresentasikan dengan sebuah piala?

Iklan

One thought on “Gila Piala?

  1. itulah Indonesia orang-orang gila hormat apalagi PSSI ketua nya aja di penjara
    rapat aja di penjara bearti PSSI itu penjahat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s