Apa Tuhan itu ada?

Ada cerita menarik, alkisah ada seorang pemuda yang lama sekolah di negeri Paman Sam kembali ke tanah air. Sesampainya di rumah ia meminta kepada orang tuanya untuk mencarikan dia seorang Guru agama, kyai, ustadz, atau siapapun yang bisa menjawab 3 pertanyaannya. Akhirnya orang tua pemuda itu mendapatkan orang yang dimaksud oleh pemuda tersebut.

Pemuda: Anda siapa? Dan apakah bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan saya?

Kyai: Saya hamba Allah dan dengan izin-Nya saya akan menjawab pertanyaan anda

Pemuda: Anda yakin? sedang Profesor dan banyak orang pintar saja tidak mampu menjawab pertanyaan saya.

Kyai: Saya akan mencoba sejauh kemampuan saya

Pemuda: Saya punya 3 buah pertanyaan

1. Kalau memang Tuhan itu ada, tunjukan wujud Tuhan kepada saya!!

2. Apakah yang dinamakan takdir?

3. Kalau syetan diciptakan dari api kenapa dimasukan ke neraka yang dibuat dari api, tentu tidak menyakitkan buat syetan. Sebab mereka memiliki unsur yang sama. Apakah Tuhan tidak pernah berfikir sejauh itu?

Tiba-tiba Kyai tersebut menampar pipi si Pemuda dengan keras.

Pemuda (sambil menahan sakit): Kenapa anda marah kepada saya?

Kyai: Saya tidak marah…Tamparan itu adalah jawaban saya atas 3 buah pertanyaan yang anda ajukan kepada saya

Pemuda: Saya sungguh-sungguh tidak mengerti.

Kyai: Bagaimana rasanya tamparan saya?

Pemuda: Tentu saja saya merasakan sakit.

Kyai: Jadi anda percaya bahwa sakit itu ada?

Pemuda: Ya.

Kyai: Tunjukan pada saya wujud sakit itu !!

Pemuda: Saya tidak bisa.

Kyai: Itulah jawaban pertanyaan pertama: kita semua merasakan keberadaan Tuhan tanpa mampu melihat wujudnya.

Kyai: Apakah tadi malam anda bermimpi akan ditampar oleh saya?

Pemuda: Tidak

Kyai: Apakah pernah terpikir oleh anda akan menerima sebuah tamparan dari saya hari ini?

Pemuda: Tidak

Kyai: Itulah yang dinamakan Takdir

Kyai: Terbuat dari apa tangan yang saya gunakan untuk menampar anda?

Pemuda: kulit

Kyai: Terbuat dari apa pipi anda?

Pemuda: kulit

Kyai: Bagaimana rasanya tamparan saya?

Pemuda: sakit

Kyai: Walaupun setan terbuat dari api dan neraka terbuat dari api, Jika Tuhan berkehendak maka Neraka akan menjadi tempat menyakitkan untuk setan.

sumber: http://www.icmi.or.id/ind/content/view/36/60/

Iklan

9 thoughts on “Apa Tuhan itu ada?

  1. Kyai: Tunjukan pada saya wujud sakit itu !!

    Pemuda: Saya tidak bisa.

    kalau dideskripsikan secara visual jelas gak bisa, sebagaimana kita disuruh menggambarkan bunyi warna merah atau bentuk dari angin…. intinya: yg bisa dirasakan oleh satu indera belum tentu bisa dirasakan oleh indera yg lain….
    persis seperti tamparan tadi yg gak bisa digambarkan wujudnya, krn untuk menggambarkjan wujud dibutuhkan pencerapan visual, sedangkan tamparan hanya bisa dirasakan melalui indera peraba dan pendengaran (melalui suara plakk!)

    Nah pertanyaannya: Tuhan tak bisa dirasakan melalui kelima indera manusia… bagaimana kita bisa membuktikan secara empirik bahwa ia itu ada? jawabannya: gak bisa! :P

    Jadi, manusia gak bisa memberi bukti yg bersifat verifikasi bahwa Tuhan itu ada, namun mereka juga gak bisa ngasih bukti terverifikasi bahwa Tuhan itu tiada :D

  2. Ini sermon dari gereja, AFAIK. Diadaptasi jadi versi Islam.

    Dan lagi, terlalu dangkal kalau ngelhat dari segi begini aja, sih, sebenarnya. Atheisme itu kompleks, mas/mbak, bukan pertanyaan-pertanyaan seperti itu yang digunakan untuk menolak adanya Tuhan. Jarang penganut paham atheistik menolak Tuhan karena alasan kekanak-kanakan macam; “Tunjukkan Tuhan pada saya!”

    Yang dipakai itu semacam, teori paradoks omnipotensi, paradoks neraka, paradoks surga, paradoks kejahatan, atau paradoks omnisains. Yang kayak begitu baru sukar dijawab. :P

  3. jika tuhan itu ada. knapa banyak musibah yang menyebabkan umatnya sengsara & putus asa??knapa tuhan tdk memberikan perlindungan pada mereka??knapa bayak orang yang hidup tidak bahagia di dunia ini??

  4. Apaan sih…!!

    Pantesan aja byk orang-orang yang mulai gak percaya tuhan.. Termasuk saya. saya akan percaya Tuhan klo Tuhan bisa gak negdit komentar saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s