Kengen Band, dari Cendol ke Platinum

Kamis malam, 11/10/08, habis liat Kick Andy di Metro TV, kebetulan bintang tamunya adalah grup band yg lagi rame jadi pembicaraan, Kangen Band. Yang dibahas adalah kenapa banyak kalangan yg menghina, mencaci, menjelekkan, bahkan meneror band ini, atau setidaknya ngetawain atau ketawa nyengir kalo denger nama “Kangen Band”.

Mereka menyebutnya musik sampah, musik cendol, dll. Bahkan ada salah satu grup rap / hip-hop yg bikin “lagu makian” khusus untuk menghina Kangen Band ini. Kangen Band yang berasal dari Lampung ini memang sedang jadi fenomena -atau terfenomenakan-. Dengan modal awal ngetop dari single pertama mereka yg dibajak -sebelum mereka masuk major label– single Kangen Band yg berjudul Tentang Aku, Engkau dan Dia ini telah menyebar melalui versi bajakan di hampir seluruh radio-radio di Jawa – Bali – Kalimantan bahkan kabar terakhir saking terkenalnya Kangen Band ini sudah manggung di Malaysia juga.

Menurut Sudjana, manager Kangen Band, awal “ditemukan”nya band ini dahulu memang berasal dari lagu bajakannya yang jadi hits. Orang bilang band ini memang punya “hoki”. Vokalis Kangen Band, Andika, sebelumnya adalah penjual cendol. Dodi, gitaris -yg rambutnya khas pirang separuh di depan- adalah mantan kuli bangunan dan kenek angkot. Bebe, basis, sampai sekarang masih tinggal di rumah kontrakan, ibunya masih jual nasi uduk, sementara ayahnya masih jual es campur. Drummer mereka, Halim atau I’im, sebelumnya bekerja di bengkel mobil. Tama, gitaris, sebelumnya bekerja jadi penjual sepatu & sandal kaki lima serta pengamen di Lampung. Dari pengakuan mereka di acara Kick Andi, dasar bermain musik para personil Kangen Band adalah otodidak semua, bukan dari sekolah musik formal atau kursus, hanya dari kongkow-kongkow (kecuali vokalisanya yg sudah mahir teriak “cendol…cendol” :).

Album Kangen Band yg saat ini berlabel Warner Music Indonesia ini kabarnya sudah sampai 300ribu copy yg terjual dan berhak mendapatkan platinum. Apapun dan dari siapapun cacian dan hinaan yg ditujukan pada Kangen Band, dengan raihan platinum ini, setidaknya, mereka membuktikan musik mereka masih bisa diterima, dan bukan musik “sampah” lagi.

34 thoughts on “Kengen Band, dari Cendol ke Platinum

  1. Bener Banget, gw Setuju. Gue juga nonton acaranya, gue terharu denger kisah mereka yg polos dan blak-blakan tanpa ditutup2in sama sekali.. Gue gak suka sama orang2 yg bisanya comment doank…Sekarg gw tanya: Loe Bisa gak bikin lagu kaya mereka??..Ngomong doang gampang apalagi Ngehujat…Akhirnya malu ‘ndiri kan!! Emang Ennak !!!…. Maju Terus Kangen Band !!

    • bner banget tu gua stuju ma pdapat lu ya jangan hya mong ja bkti in klu bsa sbagus lgu ciptaan kangen band bwat kangen band kapan ni mau mang gung di palembang gua tunggu ya kehadiran KANGEN BAND ya
      KANGEN BAND I LOVE YOU kangen gua kan slalu jda fans stia kangen band

  2. kangen band CHAYO………………………….wajib di contoh perjuangannya. ku tunggu Album ke-2nya y………….

  3. kabarnya bulan ini Kangen Band sudah mulai rekaman u/ album ke-2, labelnya masih Warner Music Indonesia, ditunggu aja… (loh koq aq jadi Kangen Band fans club ya? hehehe… :D

  4. Nyedihin banget! lihat orang merendahkan bangsa sendiri! kalau nggak sesuai selera mending diam.Saya kepikiran akan berbeda reaksi para ‘senior-senior’ kalau kangen band dari negeri jiran.Kalau nggak bermutu? Wah udah lupa yah, kalau musik itu sudah masuk produk yang kudu dijual! Bermutu atau nggak, gimana pasarnya dong! Orang seni atau industri harusnya bisa menghargai

  5. gw kebetulan baru denger nih lagu rap yg menghujat kangen band itu, gila yah..hari gini masih ada org yg ga pake otak gitu sanggup buat lirik lagu seperti itu, walau jujur gw jg gak ngefans ama kangen band, tp buat semua pendengar musik indonesia, buka mata lu, buka telinga and hati lu..mau mereka bekas tukang jualan lah, bekas kuli lah, bekas kenek lah, toh mereka masih punya perjuangan supaya bisa maju dengan ngejual musik yg akhirnya bisa menarik perhatian orang2, soal selera musik ya balikin ke diri masing2 aja, kalo suka ya bagus, kalo ga suka ya asik2 aja dong, yg penting kan mereka kagak nyenggol lu, right??? –btw, maju terus kangen band–

  6. buat witri.. jangan salah lho, yg menghujat itu “pake otak” juga, buktinya bisa bikin lirik “lagu hujatan”, ya toh? cuman, caranya aja yg ga bener ya…

    eh, ada yg baru lagi lho.. lagu hujatan buat Agnes Monica.. udah tau? kalu belum, donlot di sini (thanx buat “Musik Pribumi”)

    http://musikpribumi.wordpress.com/2007/10/19/lagu-makian-buat-agnes-monica/

    ngomong2, koq yg kasih comment cuman yg “pro” sama kangen band yah? yg “kontra” mana nih?? ga usah sungkan2 lho… hehehe.. :)

  7. Ping balik: Sekarang Giliran Agnes « Zoel’s Website & Blog

  8. eh, ada yg baru lagi lho.. lagu hujatan buat Agnes Monica.. udah tau? kalu belum, donlot di sini (thanx buat “Musik Pribumi”)

    Sama-sama bro… :)

    Ya kalo masih punya otak pasti pro Kangen Band bro… krn tindakan M.Iqbal itu udah diluar ‘akal sehat’… terlebih nyontek pula lagunya…

  9. bukannya pro tp coba kalo situ jadi personilnya kangen
    kalo gw suka sama salah satu dari lagunya dia.
    sama personil nya sih biasa aja.
    tapi namanya kenapa kangen..
    kalo skil sih ga tau yah tapi liat hasil nya aja deh..hehehe

  10. maupun aq g terlalu ngefans ma kangen band. tapi aq salut banget ma mereka. mereka g malu untuk jujur pada orang lain tentang kehidupan mereka. ga kaya band-band yang lain, yang sok jual tampang doank, tapi musiknya banyak aja yang g bermutu. band-band lain cuman jual tampang dan kekayaan donk. padahal mereka khan juga banyak yang membeli pasaran. banyak yang ga murni juga.
    pokoknya aq akan selalu mendukung kangen band.

  11. @ harnan:
    sama bro, sbnernya aq jg ga pro-pro amat sama nih band, tp ju2r aja aq punya album mereka dari yg indie sampe yg major label (tapi bajakannya doank :)
    kalo masalah nama “Kangen”, mungkin kalo band ini punya visi “overseas” bisa ganti nama jadi “Miss U Band”, wkwkwkwk :D

    @ LILY AURORA STEVANI
    hmm… komen anda menarik juga, tapi buat bbrp org bisa mengartikannya “salah”, jgn2 anda di-cap sama aja seperti yg bikin lagu cacian itu, hanya bedanya dengan bahas yg lebih halus.. tapi saya setuju dgn pendapat anda, meskipun tidak keseluruhan..
    anwy, thanx & slm kenal yah….

  12. gw bilang goblok aja sama yang ngejek2 gw, yang penting muka gw ganteng gini, gak tau dia kita2 mo go international, bentar lagi kita mo konser bareng My Chemical Romance nih, mereka cuma opening act nya, kita acara puncaknya.

    buat yang bikin lagu kangen bitch, gw cuma pengen bilang motherfuckin’ asshole lo semua, kalo berani sini lawan gw! gw bunuh juga lo!

    VIVA KANGEN BAND!

  13. @ Dodhie Kangen :
    bener nih dodhie-nya Kangen Band? wah… slm kenal yah…

    koment-nya bikin rame nih…

    anwy, sukses buat tour sama MCR yaa

    ^o^

  14. Tetap jaya buat Kangen Band…ku tunggu album ke2nya
    Kalo boleh,aku minta dong alamat emailnya/friendsternya [asli]

  15. yup . . .
    banfd gak cuma diliat dari tampang and mereka anak orang tajir atau bukan
    selama ini gw udah bosen dengan band2 yang cuma ngandelin tampang
    jaim banget
    gak punya karakter
    aji mumpung
    dsb . . .
    tapi Kangen Band beda
    mereka nyanyi dari hati . . dan gw gak akan ngebiarin ada orang yang menghina mereka . . . moga yang menghina mereka . . . nyadar kalo mereka juga punya orang-orang yang suka sama mereka . . .
    MAJU TERUS KANGEN BAND . . .
    INGAT . . .
    DI SAAT ADA YANG GAK SUKA SAMA KALIAN . . .
    DI SANA JUGA ADA ORANG-ORNAG YANG MENDUKUNG KALIAN. . . GAK USAH PEDULIKAN OMONGAN GAK MUTU . . .

  16. yup . . .
    band gak cuma diliat dari tampang and mereka anak orang tajir atau bukan
    selama ini gw udah bosen dengan band2 yang cuma ngandelin tampang
    jaim banget
    gak punya karakter
    aji mumpung
    dsb . . .
    tapi Kangen Band beda
    mereka nyanyi dari hati . . dan gw gak akan ngebiarin ada orang yang menghina mereka . . . moga yang menghina mereka . . . nyadar kalo mereka juga punya orang-orang yang GAK suka sama mereka . . .
    MAJU TERUS KANGEN BAND . . .
    INGAT . . .
    DI SAAT ADA YANG GAK SUKA SAMA KALIAN . . .
    DI SANA JUGA ADA ORANG-ORANG YANG MENDUKUNG KALIAN. . . GAK USAH PEDULIKAN OMONGAN GAK MUTU . . .

  17. lg di warnet, ada lagu cacian kangen band
    we, lg apa tuh? edan!

    padahal saya gak tau ttg kangen band: dpt platium to?

    hebat2

    smg tetep ingat sama masa lalu : spy tetap rendah hati

    jaga sholat berjama’ah (halah! ) ^_^

  18. kami sngat senang saat mendengar lagu kangen band, kapan kapan main donk ke indramayu nyanyiin album ke 2, gw senang lagu kangen band karena maenyentuh hati gw bangett apalagi lagu selingkuh. By:anak indramayu…………………………..

  19. Sebagai sesama anak band dari daerah,gua dari daerah SAMPIT KALTENG,gua salut sama perjuangan kangen band,merak mampu mewarnai cerita hidup mereka.Dan saat nya lah sekarang, band yang kata orang dari kampung untuk maju,ga hanya harus dari kota melulu,maju semua band dari daerah.kita harum kan daerah asal kita.bravo……………..

  20. bravo kangen band!!!!
    kangen band fans club udah ada belum sie?????
    buatin wadah buat fans kangen band donk….
    oke!!!law perlu buat websitenya sekalian……..

  21. TOLOL BUAT FANSNYA KANGEN BAND, LU GA TAU YA KANGEN BAND ITU GRUP BAND HOMO/GAY, MEREKA ITU SUKA SESAMA JENIS, UDAH JELAK HIDUP LAGI, HANYA ORANG TOLOL DAN TIDAK BERPENDIDIKAN SAJA YG MAU MNDENGARKAN MUSIK KANGEN BAND, BRARTI LU HOMO N BANCI KLO MAU DENGERIN MUSIKNYA KANGEN BAND….KASIAN…DASAR HOMO LU, BANCI LU…!!!!
    KLO GA SUKA GUE, HUBUNG GUE, JGAN SOK BLAGU JADI ORANG, NIH NO HP GUE,
    085249380797, GUE TUNGGU BANGSAT!!!!!!!

    • gk penting banget seh loe,walaupun kangen band cuma berasal dari Lampung tapi kreasi nya gk mati2
      lok loe brani 081930254606
      by.kiki cewk lampung

  22. Udahlah,coba dengerin Incubus dulu.Ato kalo mau yang agak ringan,dengerin Efek Rumah Kaca.Gw yakin otak lu kebuka en jadi lebih pintar.
    memang bangsa kita Melayu,sukanya yang mendayu.Emang gak ada apa yang lebih bagus dari cinta??Kita hidup di sebuah dunia yang luas.Disini kita cuma bisa bicara cinta dan perselingkuhan,sedangkan saudara2 kita banyak yang mati kelaparan.Gak heran negara kita jatuh banget!!Gw gak anti lagu cinta,cuma coba bikin yang lain kek.Lagu cinta itu bagus kalo saatnya pas.

  23. mas dody lam knl ya…aku adi dari zero band…band aku punya materi lagu..kalo mas dody berminat untuk ngedengerin materi kami mas…kami sdh indie lama mas…kalo blh kita minta alamatnya kagen band mas..kami mau tawarin demo kita..mohon bantuannya ya mas…terima kasih…

  24. kalo mas dody tertarik atau mau denger aja untuk kasih coment ja jg gpp kuk…bisa sms ja ke 081808547434(adi)trims

  25. kak dody,kak izzi,kak bebe aku ingin ketemu ama kalian
    aku fans baget ama kalian
    kak dody,kak izzi,kak bebe boleh enggak minta aku nomornya
    klau boleh sms aku ya kak , nich nomor ku kak 08819415098

  26. apapun itu kangen band…gw salut bgt dgn karya2nya…(buat yg ngecaci,ngehina,dsb…kasiahan ya…hari gini masih ada aj org yg fisik Ok tp..Cacat Mental/idiot syirik kok dipiara)…BRAVO Kangen Band…Karyamu selalu KuTunggu…Emang Ngangenin…

  27. Aku sangat ngefens banget sma ka’bebe kangen . . . Kenapa sih harus jdi gini kangen band ngga’ seperti dulu lagi. . . Voc nya di ganti ka’bebe juga jrang kelihatan nge’band bareng kangen . . . Kaka kemana siih aku kangen sama kaka . . . Di sini ada alamat fb aku tolong ya di add atw blas komen’an aku ini ne alamat fb aku lida cee princess leo
    by;lida di kalsel

  28. When I originally commented I clicked the “Notify me when new comments are added” checkbox and now each time a comment is added I get three emails with
    the same comment. Is there any way you can remove people from that service?
    Many thanks!

Tinggalkan Balasan

