10 Program Pokok PKK

Survey terbaru, dari 10 teman yang aku tanya tentang isi “10 Program Pokok PKK”, tidak ada yang hafal. Ironis memang, padahal hampir di setiap sudut kampung (RT/RW) tempat kita tinggal, selalu terpampang prasasti atau papan bertuliskan 10 Program Pokok PKK ini. Namun, ketidak hafalan 10 Program Pokok PKK ini terasa “wajar” karena ada beberapa teman yang LUPA bunyi sila ke empat Pancasila, nah lho… Kalau Pancasila saja tidak hafal, gimana mau hafal 10 Program Pokok PKK?

(foto: zoel)

About these ads

24 thoughts on “10 Program Pokok PKK

  1. wah iki sing repot, lha kepanjangane PKK ae lali, mungkin sing dieling KPK, soale sering mlebu TV, hehehe… (aku yo lali, opo yo?) walah… ^o^

  2. gmn mau inget program pkk, kegiatan pkk nya aja kurang terlihat tuch. makanya, klu mau program pkk nya dpt di pahami oleh masyarakat khususnya kaum perempuan nya tlng dong ketua pkk & anggota nya jgn hanya duduk2 aja. Buat dong kegiatan2 yg mmg bermanfaat seperti Bazar, pelatihan jahit menjahit serta lain2nya yg berguna untuk memandirikan kehidupan masyarakat khususnya kaum perempuan.

  3. Secara tidak sengaja masuk ke situs ini gara2 di tanyak sama istriku, dia di tanyak sama anaknya tentang 10 program POKOK PKK. Kalo arisan PKK jalan, lagunya hapal, cuman pada saat dtanyak yang 10 ngak bisa nyebutin. Lucu ya. Kadang-kadang kalo saya amati kegiatan ibu2 di PKK yang di pentingkan malah masalah arisannya, subtansi dari masing2 program ngak pernah di bahas. Contoh misalkan masalah pendidikan, kalo pendidikan di masa sekarang ini justru memberatkan keluarga yang tidak mampu dan secara kebetulan di desa/kampungnya ada, ya minmal pendidikan menjadi issu sentran untuk dijadikan bahan rapat, hasilnya bagaimana untuk diteruskan dan di tindaklanjuti. Begitu sementara komen aku.

    • mulai sekarang bapak yang harus mengawali, ikut aktif dengan memberi saran atau masukan ke Ibu2, jangan hanya jadi penonton. Ingat pengurus PKK itu kerja sosial ga dibayar, jadi ya mending masih ada yang mau hadir walau hanya arisan.

  4. Tidak semua orang hafal isi 10 program pokok pkk, tapi masih banyak juga yang aktif dan mejalankannya seperti dilingkungan RT saya. Setiap hari Sabtu baik lagu mars maupun 10 program kegiatan dibaca, jadi sudah pasti hafal. Karena kegiatan tersebut sangat baik, memang harus ada leader nya, harus ada yang peduli, coba baca di bawah ini:
    1. PROGRAM I : PENGHAYATAN DAN PENGAMALAN PANCASILA

    Pelaksanaan :
    • Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
    • Pembinaan Anak dan Remaja
    • Penyuluhan Pola Asuh Anak Dalam Keluarga
    • Meningkatkan peran Ibu dalam keluarga dan membudayakan Konsep Diri Ibu
    • Penyuluhan Penundaan Usia Nikah
    • Memasyarakatkan jender

    2. PROGRAM II : GOTONG ROYONG

    Pelaksanaan :
    • Meningkatkan Kelompok Pengajian, kebaktian
    • Meningkatkan kesadaran hidup gotong royong
    • Memasyarakatkan kepedulian terhadap lansia

    3. PROGRAM III : PANGAN

    Pelaksanaan :
    • Penyuluhan
    • Intensifikasi pekarangan
    • Pengadaan proses percontohan

    4. PROGRAM IV : SANDANG

    Pelaksanaan :
    • Penyuluhan / pembudayaan pakaian produksi dalam negeri
    • Meningkatkan keterampilan membuat pakaian sendiri
    • Membantu pemasaran hasil usaha
    • Meningkatkan mutu hasil / pendapatan keluarga

    5. PROGRAM V : PERUMAHAN DAN TATA LAKSANA RUMAH TANGGA

    Pelaksanaan :
    • Membantu pemugaran rumah yang tak mampu
    • Pengentasan Kemiskinan / taskin
    • Penyuluhan tentang rumah sehat
    • Membersihkan contoh rumah sehat yang layak huni

    6. PROGRAM VI : PENDIDIKAN DAN KETERAMPILAN

    Pelaksanaan :
    • Peningkatan jumlah dan mutu kader
    • Menyelenggarakan Kejar Keaksaraan Fungsional
    • Membina Kelompok BKB
    • Membina Perpustakaan dan Taman Bacaan
    • Menyelenggarakan Pelatihan Keterampilan

    7. PROGRAM VII : KESEHATAN

    Pelaksanaan :
    • Meningkatkan upaya kesehatan keluarga / dana sehat
    • Perbaikan gizi / penanggulangan gondok endemic
    • Pencegahan penyakit berbahaya / menular
    • Menggalakkan imunisasi dan memeriksakan diri
    • Meningkatkan jumlah Posyandu dan Pelayanan Kesehatan
    • Mendeteksi dini Balita dan resiko tinggi Ibu hamil

    8. PROGRAM VIII : MENGEMBANGKAN KEHIDUPAN BERKOPERASI

    Pelaksanaan :
    • Penyuluhan pentingnya berkoperasi
    • Meningkatkan jumlah Pra Koperasi
    • Membina Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga
    • Membantu memasarkan hasil keterampilan

    9. PROGRAM IX : KELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP

    Pelaksanaan :
    • Gerakan penghijauan dan kebersihan lingkungan keluarga
    • Penyuluhan hidup bersih dan sehat
    • Pengadaan tempat sampah tiap keluarga dengan pengelolaannya
    • Pengadaaan penampungan air limbah dan jamban keluarga
    • Penyediaan air bersih
    • Pemberantasan sarang nyamuk

    10. PROGRAM X : PERENCANAAN SEHAT

    Pelaksanaan :
    • Kesadaran masyarakat untuk ber KB
    • Membudayakan keluarga berkwalitas
    • Peningkatan Pendapatan Keluarga
    • Peningkatan Jumlah aseptor Lestari
    • Perlindungan sosial
    • Menabung melalui tabanas
    • GSI ( Gerakan Sayang Ibu )

    BAGUS KAN….. HAI PEMBACA DI SELURUH INDONESIA????? ADA COMMENT????

  5. ya mending to para wanita masih mau baca 10 program pokok PKK, gak hafal tak masalah yang penting melaksanakan program daripada hafal tap[i gak pernah dijalani ya bu RT ya…

    • ya bu ema betul itu…
      bapak2 ikut baca juga dong, kita mau pkk lo pak bukan cuman mau arisan, bupati malang yang dulu (p.sujud) di tes juga lo sama ibu2 pkk, hayoo hafal nggak..
      jadi semangat nih melaksanakan program pkk, coba ada mau kasih kursus buat saya dan setelah bisa nanti saya getok tularkan ke ibu2 pkk rt kami yang lain…

  6. Saran buat ibu-ibu PKK dimanapun berada, syarat mengamalkan sebaiknya harus hafal bacaan, bgmn mau mengamalkan bacaannya nggak tahu, apalagi hafal, tapi tip paling sederhana ya punya buku pinter disaku, atau di Tas boeat ibu-ibu, sehingga sasaran mengarah alias tidak asal-asalan. ma kasih.

  7. For many regions, the entire rpm distributed free of charge STB The costs have been
    overwhelmed, and then implementation of the Reconstruction of two-way network, the funding is clearly beyond its capability.
    This is true simulation of the traditional transmission of radio and television programs,
    as it is only a station house music on your PC.

    This powerful and versatile solution is also available in three different versions, so you
    should have no trouble finding the perfect one for you.

  8. Thanks for your personal marvelous posting! I certainly enjoyed reading it, you may be a great author.

    I will ensure that I bookmark your blog and definitely will come back later on.

    I want to encourage you to definitely continue your great job,
    have a nice holiday weekend!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s