Pendidikan Seks di SMA

Sayang sekali aku sudah meninggalkan bangu SMA enam tahun yang lalu, ketika program ekskul seks education ini belum dilangsungkan di sekolah-sekolah. Ya, saat ini lagi ramai dibicarakan soal pentingnya seks education, beberapa SMA bahkan sudah menjadikannya sebagai kegiatan ekstrakurikuler, waw…!!! Pasti ekskul ini bakal jadi ekskul favorit mengalahkan ekskul basket atau cheerleader.. hehehe…

Seperti yang aku kutip dari Kompas.com berikut ini :

Edukasi Seks Jadi Ekstrakurikuler SMA
Pentingnya edukasi atau pendidikan tentang seksualitas khususnya bagi kalangan remaja memang tak terbantahkan lagi. Derasnya arus informasi telah menyebabkan orang tua sulit lagi menahan atau membatasi anak-anaknya dari akses informasi termasuk perihal seksualitas.

Oleh karena itulah, edukasi soal seks kini telah mulai diupayakan untuk menjadi bagian dari pendidikan sekolah, meskipun belum bisa menjadi bagian kurikulum. Berkat inisiatif serta dorongan sejumlah lembaga nirlaba, sekitar 20 Sekolah Menengah Atas (SMA) di lima wilayah Jakarta telah menjadikan edukasi seks sebagai kegiatan ekstrakurikuler yang digelar secara rutin setiap pekannya.

Seperti diugkapkan Direktur Mitra INTI Foundation, Laily Hanifah M.Kes, pihaknya bersama dengan beberapa lembaga non profit lainnya telah berhasil melobi serta mendesak beberapa sekolah menggelar pendidikan seks sebagai kegiatan ekstrakurikuler.

“Ada empat sekolah di tiap wilayah di Jakarta yang telah berinisiatif menjadikan pendidikan seks sebagai bagian ekstrakurikuler. Di antara mereka ada yang sudah mulai, sebagian lain masih dalam persiapan untuk mulai,” papar Laily di sela-sela talkshow “Seksualitas di Indonesia : Tabu atau Perlu?” dan acara peluncuran Buku Kesproholic di Jakarta, Kamis (10/7). .

Untuk saat ini, lanjutnya, pendidikan seks sebagai memang belum memungkinkan untuk menjadi bagian kurikulum sekolah menengah mengingat padatnya jadwal serta beban pelajaran. Laily juga menyesalkan pihak pemerintah yang seperti menutup mata terhadap pentingnya pendidikan seks menjadi bagian dari pelajaran di sekolah-sekolah.

“Padahal edukasi seks jelaslah sangat penting mulai SD hingga perguruan tinggi Kenapa pemerintah seperti tidak bertindak apapun. Seharusnya pemerintah yang punya power lebih gencar dalam hal ini. Oleh karena itulah, menjadikannya sebagai kegiatan ekstrakurikuler merupakan langkah awal. Yang penting, ada komitmen dari pihak sekolah dan pendidikan seks di sekolah. Yang memberi materi juga sebaiknya guru sekolah masing-masing supaya berkesinambungan,” tambahnya

Bila pilot project ini berhasil, lanjut Laily, diharapkan pemerintah akan semakin terbuka mata. Dengan begitu, pendidikan seks diharapkan akan menjadi mata pelajaran di seluruh sekolah di masa mendatang.

Pasti bakal banyak timbul pro kontra, maklum jangankan ngomong edukasi seks, bicara topik seks aja masih tabu di masyarakat kita. Tapi masih perlu dikaji lagi bagaimana metode edukasinya agar tidak malah menjadi ekskul seks, hahaha…

About these ads

6 thoughts on “Pendidikan Seks di SMA

  1. Memang perlu sih… hanya juga jangan dilupakan membentengi dengan pendidikan akhlak sehingga yang terjadi bukan seperti berita tentang anak SMA janjian hamil bareng itu, yang ada jadi merusak morak anak bangsa.
    Salam Kenal.
    Kunjungi juga blogku ya http://www.isfiya.wordpress.com

  2. Menurutku GAK perlu seks edukasi seperti itu, apalagi sampai dijadikan ekskul.
    Yang terpenting adalah menanamkan ke anak (baik laki2 ato perempuan) sistem pergaulan yang sesuai dengan islam.
    sempat miris melihat sekarang tidak hanya anak sma yang ada seks edukasi nya tapi anak tk juga uda ada kurikulum untuk itu. padahal konsep ini sama sekali belum terbukti menyelesaikan permasalahan yang ada.
    Jaman rasulullah anak usia 6 tahun saja sudah mengerti bagaimana menjaga diri (baca kisah anak nya sahabat yang berusia 6 tahun yang mel\nolak disingkap jilbabnya karena takut terlihat betisnya)

  3. kalo dibilang perlu sih yah emang perlu, abiz sekarang bokep2 pada merajalela, takutna klo gak ada bentengna bisa penasaran…^^
    tapi kalo sampe dijadiin ekskul…wuaaa… mending di.integrasi.kan ma pelajaran biologi gitchu…

  4. gila, sebentar lagi free sex pasti d legalkan dengan alasan yang sama “perlunya pndidikan seks’,jadilah kita negara terlaknat ,beuugh

  5. hem… Kalau Sex Education in school masih terus dilanjutkan, maka, siap2 saja Indonesia akan di azab sama ALLAH SWT… mereka belum punya benteng Iman yg kuat ko’ sudah dicekoki sama pendidikan sex,? gak habis pikir saya…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s