Memberantas Hama Ulat

Selama hampir tiga hari terakhir ini, selain hujan dan angin kencang yang melanda kawasan Malang, ada hal lain yang sangat menggangguku, HAMA ULAT yang menyerang pohon alpukat (avocado) di samping rumah. Pohon alpukat ini tidak tumbuh dengan sendiri, namun memang sengaja dibudidayakan untuk diambil buahnya. Tapi sayang, ketika pohon ini sudah setinggi 4 meter lebih dan telah berbuah lebat untuk pertama kali, muncul ribuan ulat yang menghabiskan seluruh daun hanya dalam hitungan sehari semalam!!

Aku memang penggemar alpukat, apalagi kalo di jus, dikasih es (float), mocca atau coklat, tambah kane ilakes…. hehehe… ok jadi mbahas beverages :D

Back to the topic… terpaksa banyak apukat(ku) yang belum benar-benar matang harus aku petik untuk menghindari dampak serangan hama ulat tersebut. Hari kedua pasca serangan ulat, pohon tinggal ranting nya saja, seluruh daun habis.

Karena aku bukan petani ataupun orang biologi, aku gak ngerti jenis ulat (atau hama ulat?) apa yang menyerang pohon alpukat ku ini. Karena tidak siap semprotan, ulat-ulat tersebut kubasmi sendiri dengan cara manual: merontokkannya dari dahan & daun dengan obor kecil, lalu dikumpulkan di tanah untuk kemudian dibakar. Tidak terlalu efektif memang, tapi cukup untuk mencegah ulat-ulat tersebut merambat ke pohon tela pohon, jeruk, nangka, dan pisang yang ada di sekitar pohon alpukat tersebut.

Hama Ulat
ulat yang meyerang daun alpukat

Ulat-ulat bergerombol di dahan ketela pohon
ulat-ulat bergerombol di dahan ketela pohon

Ulat menyerang buah alpukat
ulat-ulat menghabiskan daun alpukat

(*) foto oleh zoel

About these ads

22 thoughts on “Memberantas Hama Ulat

  1. wahh parahhhhh itumah ulat bulu, ikz gelii

    kasusnya sama ma kasus yg ada di humzzku, tapi beda’nya aku pohon kedodondong, pohon kedodondongku kalo dah berbuah pasti di serang ma ribuan bahkan jutaan ulat bulu, dan parahnya ulat bulu’ tuh menyerempet sampai dalam rumah, kamar mandi, kolam renang, sampai kejemuran, rumah tetanggapun nggak luput dari ulat bulu tersebut, makanya pohon kedodondong kesayanganku harus di tebang padahal buahnya masih kecil-kecil dan klo matang manisnya bukan kepalang.

    C P D

    nb : gw salut ma hasil photonah.. kerennnnnn!! artistik bangett

  2. @ alearch :
    ulat bulu ya? itu termasuk jenis apa? kira2 ale punya saran untuk membasminya?
    untuk fotona… itu sekalian nyoba kamera baru, hehehe.. :D

  3. iya dunk ulat bulu.. ntuh klo kena kulit gatal2nya sampe satahun, gatall banget!! sy juga kurang tau ulat (bulu) punyamu termasuk spesies apa, yg jelas ulat (bulu) punyamu spesies terkeren yg pernah gw temuin.
    klo mengenai saran untuk membasminya yah.. di semprot pake pambasmi hama khusus ulat bulu aja banyak kok dijual di toko2 tani tapi musti punya alat semprot, cara lain juga ada, basmi (tebang) tempat ulat tersebut berkumpul yaitu pohon alpukat kamu. hehehehehehheheh

    untuk fotonah.. tidak keliatan klo untuk nyoba kamera, tapi lebih ke profesionalan seorang fotografer. :)

  4. halo itu ulat kalo gak salah ulat sutera alami yaitu ulat penghasil benang emas murni jika anda membaca kompas minggu yang lalu pernah dimuat
    dan di asia hanya beberapa negara yang bisa hidup ulat seperti itu contohnya di jawa tengah ada kelompok masyarakat yang memang sengaja menanam pohom alpukat dan jambu mente/mete hanya untk budidaya ulat sutera alami
    dan harganya klo ga salah 1kg Rp 1.500.000. coba cari info yang lebih deket hubungannya dengan ulat sutera ,terimakasih saya hanya bisa berkomentar sedikit mungkin berguna bagi kawan _2 yang lain.

  5. ulat di pohon alpukat depan rumahku sy biarkan, tetangga pada ngomel, yang banyak itu kan manusia ganggu/rusak alam, daripada alam ganggu kita, usahakan jangan pake pembasmi hama kimia, paling 2 minggu dah bubar tuh .

  6. tu ulat kalo..
    yg nempet dmn2!
    dan tu gak gtal..
    lau yg gtal tu ulat bulu yg warnaY kuning!

    dan ulat bulu plg bnyk d temukan d kebun kelapa sawit / muda (mumbang)

    thank’s

  7. D rumah ku juga. Pohon mangga di samping rumah lagi diserang wabah ulet bulu. Warnanya item, suka ngumpet di balik menjangan ato di bawah pot. Gatelnya naudzubillah, sampe alergi ku kambuh T_T. Udah 2-3 minggu ini. Pengennya sih dibiarin aja sampe jadi kupu-kupu, tapi sekarang malah tambah banyak. T_T.

  8. ulat bulu, aaaah…. aq juga kesal dgn ulah nya kerena setiap hari membuang ulat bulu tersebut dari dalam rumah…
    aq heran deh, setiap dibuang ulat tersebut ada terus gak mau habis2 pada hal pohon yg trkena hama trsbt udah saya tebang.

    Teman2 ada gak cara yg sangat ampuh agar ulat bulu trsbut tdk masuk kerumah lg

  9. ulat bulu, aaaah…. aq juga kesal dgn ulah nya kerena setiap hari membuang ulat bulu tersebut dari dalam rumah…
    aq heran deh, setiap dibuang ulat tersebut ada terus gak mau habis2 pada hal pohon yg trkena hama trsbt udah saya tebang.

    Teman2 ada gak cara yg sangat ampuh agar ulat bulu trsbut tdk masuk kerumah lg…

  10. Tolong untuk menjaga kesuburan tanah dan mengembalikan kebugaran tanah, untuk membasmi ulat bulu tersebut jangan pakai racun, karena akan membunuh micro organisme dalam tanah yang sebenarnya juga berguna untuk membunuh hama ulat didalam tanah sampai ke telur telurnya. kalau pakai racun yang terbunuh hanya ulat dewasa, telur didalam tanah dan didalam perut ulat tersebut belum mati bisa menetas lagi dan juga racun membunuh micro organisme didalam tanah. Dan saya menyarankan untuk pakai bahan organic saja karena sifat membunuhnya sistemik sampai ketelur telurnya. namun yang namanya sistemik tidak langsung mati yang butuh waktu 3 sampai 7 hari. Saya pernah mencobanya untuk perbaikan tanah dan memproteksi hama tanaman yang berasal dari dalam tanah. Saya coba obat dari PBB yang merupakan rahasia thailand. namanya biotamax(custombio) yang didalamnya ada 6 jenis bakteri dan 4 cendawan menguntungkan yang ditidurkan dalam bentuk tablet. dan saya coba untuk tanaman sayur dan padi dan berhasil saya sam sekali tidak menyemprot racun sampai panen. dan saya ada fotonya untuk lebih detailnya hubungi saya diemail heloslaroz@yahoo.co.id atau hp. 081945777421. Salam Go Organic

  11. Jangan dibasmi dong, dibatasi saja melalui predatornya. Ada semut rangrang, ada semut hitam dll. Kasian kan klo sampai dihabisi. Mereka kan akan jadi kupu-kupu yang akan membantu penyerbukan bunga agar menjadi buah. Dan lagi ada beberapa tanaman yang memang harus dihabisi dulu daun-daunnya baru muncul buahnya seperti pohon alpukat atau kedondong.

    Terlebih lagi mereka itu cntik-cantik dan eksotis.Baik bentuknya, warna warninya. Coba lihat deh cara mereka berjalan, tapi jangan lihat mereka makan, rakuus banget deh. Apalgi klo dah jadi kupu-kupu lebih cantik-cantik lagi. Peliharalah alam sekitar kita, maka kitapun akan dipelihara oleh alam. SAlam

  12. fotonya keren bagen ,, memang ulat ini susah susah gampang, tapi dengan bahan kimia yang pas akan mati, tapi hati2 bahan kimia itu berpengaruh bagi tumbuhan apalagi yang akan dikomsumsikan

  13. sekarang ulet bulu itu sedang menyerang rumahku. kira2 bahan kimianya pa yang dipakai untuk memberantas ulat bulu tersebut????????

  14. UNTUK MENGHILANGKAN ULAT BULU ..
    SILAHKAN DISEKITAR POHON ALPUKADNYA DITABURI BUMBU DAPUR. YANG BERNAMA MOTO.
    DIJAMIN ILANG THU ULETTTTT BULUNYA… °˚˚°º≍<3НËНËНË<3≍º°˚˚°º :-P :D‎‎‎ ◦°◦◦°◦°◦◦°°˚˚…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s